Dua Gol Rooney Antar Inggris Remukkan Bulgaria

AN
Oleh Arie Nugroho
Sabtu 03 September 2011
share
fifa.com/AFP

INILAH.COM, Vasil - Inggris tampil dominan saat menghadapi Bulgaria. Hasilnya, The Three Lions melumat Bulgaria dengan tiga gol tanpa balas.

Bertarung di Stadion Vasil, Sabtu (3/9/2011) dinihari WIB, The Three Lions menguasai penuh jalannya pertandingan meskipun bertindak sebagai tim tamu.

Garry Cahill langsung membawa Inggris memimpin letika pertandingan babak pertama baru memasuki menit ke-13, memanfaatkan lengahnya lini pertahanan Bulgaria.

Menerima umpan tandukan Wayne Rooney, dengan mudah Cahill menceploskan bola ke dalam gawang. Ini juga merupakan gol perdana Cahill bagi timnas Inggris.

Hanya berselang enam menit, Bulgaria balas melakukan serangan ke jantung pertahanan Inggris. Namun, tendangan keras pemain tuan rumah masih terlalu lebar dari jala Inggris yang dijaga Joe Hart.

Asyik menyerang, gawang Bulagria justru bobol di menit ke-21. Kali ini Rooney menggunakan sundulannya untuk merobek jala tuan rumah.

Selepas gol ini, Inggris hanya melancarkan beberapa kali serangan balik. Sedangkan Bulgaria nampak ngotot menipiskan skor. Masuk menit 40, Bulgaria nyaris saja bisa melakukan hal itu ketika Bandalovski melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan di depan jala Inggris. Namun, penjagaan ketat pemain Inggris membuat peluang itu gagal.

Sama seperti gol kedua, Bulgaria kehilangan konsentrasi di lini pertahanan. Akibatnya Rooney bisa menambah koleksi golnya di masa injury time. itu menjadi gol terakhir di babak pertama dan menutup skor sementara 3-0 untuk Inggris.

Unggul telak di babak pertama, Inggris mencoba tampil tidak begitu agresif di babak kedua guna terus menjaga keunggulan tiga golnya tersebut.

Ashley Young memiliki kesempatan bagus di menit ke-52. Melakukan drive dari sisi pertahanan Bulgaria, Young yang sudah berada dalam posisi bagus untuk melakukan shooting justru memilih mengumpan. Hasilnya, barisan belakang Bulgaria mampu menyapu bersih peluang tersebut.

Tiga menit kemudian, giliran Walcott yang nyaris menngenapkan keunggulan The Three Lions. Benruntung, tendangan volinya masih membentur mistar gawang Bulgaria.

Rooney nyaris mencetak hatrik di menit ke-61. Menerima sodoran umpan silang terukur Gareth Barry, sundulan bomber Manchester United itu masih menyamping di sisi kanan gawang Bulgaria.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan tiga gol Inggris tetap tak berubah. Dengan demikian, The Thfree Lions untuk sementara memuncaki Grup G dengan tabungan 14 poin.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA