ASEAN Para Games VI

Kontingen ASEAN Para Games VI Dikukuhkan

RA
Oleh Reza Adi Surya
Minggu 11 Desember 2011
share
Menpora Andi Mallarangeng - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Solo - Ajang ASEAN Para Games akan resmi dibuka 12 Desember mendatang. Pesta olahraga untuk difabel ini akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah.

Menpora Andi Mallarangeng bersama Ketua KOI Rita Subowo dan Ketua Satlak PRIMA (Program Indonesia Emas) yang dalam Musornas pekan lalu di Bali terpilih jadi Ketua Umum KONI, Tono Suratman, Sabtu (10/12) malam mengukuhkan atlet Indonesia yang akan bertanding di ASEAN Para Games 2011 di Balaikota, Solo. Acara pengukuhan diikuti kontingen Indonesia yang berjumlah 375 atlet dan official.

Suasana haru bercampur semangat Merah Putih terlihat ketika para atlet penyandang cacat itu menyanyikan lagu Padamu Negeri. Beberapa atlet dengan keterbatasanya secara bergantian mencium bendera Merah Putih yang ada di depan panggung. Duduk di atas kursi roda dan berjalan dengan bantuan kruk tidak menyulutkan semangat para atlet meneriakan yel-yel yang mereka dapatkan selama menjalani latihan untuk persiapan bertanding di ASEAN Para Games.

Dalam sambutanya Menpora mengatakan, rasanya belum lama ini menghadiri pengukuhan atlet Indonesia yang akan bertanding di SEA Games. Waktu itu mereka mengikrarkan tekad menjadi juara, dan alhamdulilah target tersebut bisa dicapai.

"Saya harap dengan semangat yang dikobarkan tadi insya Allah atlet Merah Putih Paragames bisa menjadi jura umumjuga. Anda harus bisa, karena tema kita adalah Indonesia Bisa dengan Bersatu dan bangkit," kata Menpora seperti dilansir situs resmi ASEAN Para Games VI.

"Harus diakui tidak sedikit orang yang menganggap Anda semua memiliki keterbatas. Tapi dalam olahraga keterbatasan tidak menjadi halangan untuk mengharumkan nama bangsa. Anda semua adalah orang-orang terpilih untuk mengibarkan bendera Merah Putih," tambahnya

"Solo merupakan kota bersejarah, sebagai penyelenggara PON pertama di Indonesia. Olahraga sejak dulu adalah sarana perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Kita tahu di Paragames kita masih juara empat, tapi dengan semangat dan tekad yang kuat, insya Allah juara umum bisa kita raih. Insya Allah semangat PON pertama di Solo dan semangat SEA Games 2011 bisa terjadi di Paragames. Selamat berjuang, kibarkan Merah Putih dan kumandangkan lagu Indonesia Raya," semangat Menpora.

Beberapa pejabat eselon I Kemenpora juga hadir di Solo, diantaranya adalah lain Djoko Pekik Irianto, Lalu Wildan, James Tangkudung dan Tunas Dwidharto.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA