CAS Tanggapi Gugatan Persipura Terhadap PSSI

BL
Oleh Boy Leonard Pasaribu
Jumat 06 Januari 2012
share
Hinca Panjaitan. - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta Badan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) menanggapi dan memroses gugatan Persipura Jayapura terhadap pengurus PSSI yang tidak mendaftarkan mereka dalam Liga Champions Asia (LCA).

Sebagai jawara musim lalu, Persipura berhak tampil di Liga Champions Asia. Namun PSSI tidak mendaftarkannya setelah Mutiara Hitam memutuskan bergabung dengan Indonesia Super League (ISL), yang tidak diakui PSSI.

Alasannya, FIFA juga tidak mengakui liga tersebut sehingga Persipura kehilangan haknya untuk tampil di kompetisi antarklub paling bergengsi se-Asia itu.

"Kasus Persipura telah memasuki tahap persidangan di CAS, dimana PSSI dan klub akan memberikan pembelaannya. Minggu depan akan diputuskan hasilnya," ungkap sekretaris jenderal Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) Hinca Panjaitan.

KPSI juga mengumumkan sidang pertama gugatan delapan klub terhadap PSSI yang tidak mau menyerahkan saham PT Liga Indonesia sebesar 99 persen akan mulai digelar tanggal 12 Januari.

"Memang pengurus PSSI saat ini sudah dibekukan oleh 2/3 anggota dan kini KPSI yang menjalankan PSSI. Gugatan yang diajukan disana adalah murni terhadap aspek hukum. PSSI ada dua aspek, satu keolahragaan, dimana dilakukan pembekuan, satu lagi aspek hukum," Hinca menegaskan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA