Timo Scheunemann

'Pesepakbola Indonesia Punya Penyakit Aneh'

IN
Oleh inilahcom
Rabu 18 Januari 2012
share
Timo Scheunemann - IST

INILAH.COM, Malang - Pemain sepakbola Indonesia memiliki penyakit aneh. Ketika namanya bersinar, mentalnya tiba-tiba berubah jadi manja. Penyakit itu yang menjadi faktor dan kendala untuk menjadi pemain handal kelas dunia.

Penilaian tersebut disampaikan Timo Scheunemann yang saat ini menjabat Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI dalam acara 'Kepelatihan dan Standarisasi Akademi Nusantara' yang bertempat di Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara, Karangploso, Kabupaten Malang, Rabu (17/1/2012).

Menurut Timo, masalah mentalitas adalah masalah yang harus dibenahi pada pesepakbola Indonesia saat ini. Selain itu, masalah teknik, fisik dan taktik juga perlu mendapat perhatian.

"Para pemain juga harus diajari tentang arti kerja keras dan pengendalian diri. Itu yang terpenting ditanamkan ke pemain," jelasnya.

Dari itu, lewat Kepelatihan (workshop) dimulai Minggu (15/1) hingga Selasa (24/1) dan diikuti 60 pelatih dan staf sepak bola dari Malang, Bandung, Makassar, Padang, Balikpapan, Manokwari, dan Ternate itu diharapkan para peserta jadi ujung tombak pembinaan pemain muda di masing-masing daerah di Indoensia.

"Diharapkan mampu menggembleng mental pemain usia dini. Selain itu, peserta pelatihan juga diharapkan tak hanya mampu memberikan instruksi lisan, tapi juga keteladanan mental yang nyata kepada anak-anak didiknya," harap mantan pelatih Persema Malang itu. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA