Kampanye Hidup Sehat, KSI Gowes Jakarta-Bandung

IA
Oleh Irvan Ali Fauzi
Minggu 15 Juli 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Untuk mengkampanyekan gaya hidup bersih dan bebas polusi, sebanyak 160 pesepeda yang tergabung dalam Komite Sepeda Indonesia (KSI), menggowes sepedanya dari Jakarta menuju Bandung.

Menurut Ketua Umum KSI Syahrul Effendi diantara ke-160 pesepeda tersebut, terdapat juga para wanita. Sesampainya di Bandung, mereka akan disambut sekira 30.000 pesepeda.

"Pesepeda pria dan wanita bertolak menuju Bandung, didampingi oleh tim dari United Bike, perusahaan sepeda yang bekerjasama dengan KSI. Kamis kemarin, ada 130 pesepeda onhtel yang berangkat," kata Syahrul Effendi, dalam pesan elektronik yang diterima INILAH.COM, Minggu (14/7/2012).

Para pesepada itu bertolak dari Balai Kota DKI Jakarta menuju Bandung, melintasi daerah Subang, sedangkan pesepeda yang jumlahnya 30 orang menempuh jalan di kawasan Puncak Bogor-Cianjur.

Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan peringatan HUT ke-2 KSI yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2012 ini merupakan upaya untuk mengenang dalam menggalang kegiatan bersepeda seluruh wilayah Indonesia. Peran aktif dari seluruh masyarakat antara lain komunitas sepeda, komunitas sekolah, TNI, Polri serta media massa sangat berperan penting dalam kegiatan ini.

"Sesuai dengan visi, misi KSI, menuju Indonesia Sehat Bersepeda" tegas mantan Walikota Jakarta Selatan yang kini menjabat Deputi Gubernur DKI Jakarta ini.

Hari ini setelah berkumpul di Bandung puluhan ribu pencinta sepeda itu di lepas Gubernur Jawa Barat, Achmad Heriyawan dari Gedung Merdeka menuju kawasan Soreang yang berjarak sekitar 15 km.

"Saya gembira saudara-saudara penggemar sepeda, telah ikut berpartisipasi untuk membuat udara Bandung yang cantik ini tetap bersih. Kami sadar bertambahnya kendaraan bermotor sulit dibendung dan menimbulkan polusi. Namun dengan hadirnya para pesepeda ini saya yakin selain membuat udara bersih juga membuat warga sehat" ujar pria nomor satu di Jawa barat itu.

Selama ini KSI dalam berbagai kegiatan juga menggandeng sejumlah perusahaan antara lain United Bike, perusahaan pembuat sepeda di Indonesia.

Menurut Syahrul dengan bersepeda juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan serta kepedulian antar sesama. Untuk itu melalui berbagai kegiatan yang diselenggrakan oleh KSI maka akan tercipta apreasiasi untuk membangun kemitraan serta kesetaraan dan kepedulian sebagai sahabat bumi sesuai dengan makna yang terkandung di dalamnya.[iaf]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA