"Jose Mourinho Pelatih Jenius"

RA
Oleh Reza Adi Surya
Senin 16 Juli 2012
share
Jose Mourinho - IST

INILAH.COM, Madrid - Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, mendapat pujian sebagai pelatih jenius. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang mantan guru sekolahnya, Manuel Sergio.

Meski sering bertindak kontroversial, kepiawaian Mourinho dalam menerapkan taktik dan strategi patut diacungi jempol. Ia berhasil membawa Inter Milan meraih treble winners tahun 2010 dan memutus dominasi Barcelona dengan mengantarkan Madrid juara La Liga tahun 2012.

Di usia 49 tahun, pelatih asal Portugal itu sudah menjadi salah satu pelatih tersukses di sepanjang sejarah sepak bola. Ia sudah meraih satu Piala EUFA, dua trofi Liga Primer, satu trofi Seri A, satu trofi Liga Champions dan satu trofi La Liga. Namun, Mourinho sering mendapat kritikan karena komentar-komentarnya yang kontroversial jelang pertandingan.

Sergio mengaku Mourinho memiliki inovasi yang lebih bagus dibandingkan teman-teman seusianya.

"Mourinho ingin memahami bahwa sepak bola bukan hanya aktifitas fisik, tapi banyak hal lain di selain itu," kata Sergio kepada AS.

"Untuk memahami sepak bola lebih dalam, ia harus mempelajari tentang manusia dan tidak hanya apa yang terjadi di lapangan. Ia sadar harus memahami apa yang ada di luar sepak bola untuk meraih kesuksesan," lanjutnya.

"Ia mempersiapkan pemainnya tidak hanya dari segi teknik, tapi juga dari sisi mental agar mereka tahu apa yang harus dilakukan di atas lapangan. Orang jenius sepertinya akan mendapat banyak kritikan dan banyak orang yang sulit menerima pandangannya karena kejeniusannya melebihi pelatih lain," tandasnya.[yob]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA