PSSI Akhirnya Undang Peserta Kongres Solo

IA
Oleh Irvan Ali Fauzi
Senin 03 Desember 2012
share
Sekjen PSSI Halim Mahfudz - ist

INILAH.COM, Jakarta - PSSI akhirnya terpaksa akan mengundang peserta Kongres Solo untuk menghadiri kongres induk sepak bola nasional itu yang akan digelar, Senin (10/12/2012).

Menurut Sekjen PSSI Halim Mahfudz hal itu terpaksa diputuskan pihaknya karena protes mereka kepada Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) tidak digubris. Sebelumnya PSSI Djohar Arifin memprotes nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati mereka sendiri di hadapan AFC, yang merekomendasikan terbentuknya Joint Committee.

Dalam MoU tersebut disebutkan bahwa peserta kongres PSSI harus merujuk kepada daftar hadiri peserta Kongres Luar Biasa PSSI di Solo, Juni 2011 lalu.

"Kami akan mengundang peserta kongres Solo. Itu berdasarkan MoU," ujar Halim di kantor PSSI, Senin (3/12/2012).

"Oleh karena itu, pengundangan peserta Solo dengan catatan bahwa kami akan menjelaskan kepada FIFA dan AFC. Jika ada tuduhan kami melanggar statuta, maka kami siap menunjukkan surat yang pernah kami kirim ke mereka. Sebelumnya, kami berkali-kali bertanya kepada mereka, tapi sampai sekarang tidak ada jawaban," tutur pria yang akrab disapa Halma.

Menurut Halma, PSSI sendiri sebenarnya ingin mengundang peserta yang sebelumnya ambil bagian di Kongres Palangkaraya, yang menurutnya sesuai dengan statuta. Berkebalikan dengan yang disepakati di MoU yang ditandatangani PSSI Djohar sendiri dan La Nyalla Matalitti.

"Mengenai voter sebetulnya ada dua. Satu berdasarkan statuta, satu lagi berdasarkan MoU. Kedua voter ini sendiri bertentangan. Kalau kami menyertakan peserta bersarkan MoU atau peserta di Kongres Solo, kami melanggar statuta," ujarnya berkilah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA