Paruh Pertama

Gol Balotelli Bawa Milan Ungguli Udinese

FK
Oleh Farid Kusuma
Senin 04 Februari 2013
share
Mario Balotelli cetak satu gol pertamanya - Getty Images

INILAH.COM, Milan - AC Milan yang menjamu Udinese di Stadion Giueseppe Meazza dalam lanjutak Kompetisi Seri A, Senin (4/2/13) dinihari WIB, untuk sementara unggul 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama itu, dilesakkan oleh penyerang anyar Milan, Mario Balotelli.

Belum genap satu menit laga dimulai, Mario Balotelli langsung mengancam gawang Udinese yang dijaga Daniele Padelli. Sayang bola hasil tendangan kaki kanan yang dilepaskan dari luar kotak penalti, hanya tipis melewati sisi kanan bidang sasaran.

Milan terus melancarkan serangan dan tak memberi kesempatan tamunya untuk mengembangkan permainan hingga memasuki menit kesepuluh.

Serangan yang dibanguntim tuan rumah kembali menghasilkan peluang gol di menit ke-14. Sebuah umpan terobosan Balotelli dapat dikontrol dengan sempurna oleh M'baye Niang. Tapi, penyelesaian yang dilakukan ketika sudah berhadapan dengan kiper, gagal bersarang di dalam gawang.

Stephan El Shaarawy yang diandalkan di lini depan Rossoneri, mendapat peluang membobol gawang Udinese di menit ke-20, setelah menyambut umpan silang yang dilepaskan Ignazio Abate dari sayap kanan. Tapi, sundulan pemain bernomor punggung 92 itu, masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Laga menginjak menit ke-24, Mario Balotelli akhirnya mampu membuka keunggulan Milan dengan sepakan kaki kiri yang dilakukan dalam menyambut umpan silang El Shaarawy.

Kerjasama apik antara Stephan El Shaarawy dan Antonio Nocerino di sayap kiri, mampu menembus pertahanan lawan, sehingga winger keturunan Mesir itu menerobos hingga kotak penalti dan bisa mengirim umpan kepada Balotelli. Skor menjadi 1-0.

Seakan sangat haus akan gol, Balotelli kembali melakukan percobaan mencetak gol dari jarak sekitar 30 meter dari gawang. Namun, sepakan melengkung yang diarahkan ke pojok kanan gawang dimenit ke-28, masih bisa ditepis Daniele Padeli.

Kurang apiknya koordinasi antarpemain Udinese, membuat skuad arahan Massimiliano Allegri dapat dengan mudah melakukan serangan serta mematahkan upaya mencetak gol yang dilakukan Antonio Di Natale dkk.

Hingga menit ke-36, tim tuan rumah masih mendominasi jalannya pertandingan, sedangkan tim tamu terus mencoba mencetak skor dengan mengandalkan serangan balik.

Menit ke-40, Il Diavolo Rosso lagi-lagi mendapat peluang emas mencetak gol. Penetrasi El Shaarawy yang dilanjutkan dengan umpan tarik, mampu disontek oleh Mathieu Flamini dari dalam kotak penalti. Tapi, bola yang bergulir masih bisa diamankan kiper Udinese.

Tim tamu balas mengancam di menit ke-43, melalui tendangan spekulasi Dusan Basta dari luar kotak penalti yang masih menyamping beberapa centimeter dari tiang kanan gawang Milan yang dijaga Marco Amelia. Tak lama berselang, wasit menutup paruh pertama.

Susunan pemain:

AC Milan: Marco Amelia (kiper), Christian Zapata, Ignazio Abate, Daniele Bonera, Kevin Constant, Antonio Nocerino, Mathieu Flamini, Riccardo Montolivo, M'baye Niang, Mario Balotelli, Stephan El Shaarawy. Pelatih: Massimiliano Allegri.

Udinese: Daniele Padeli (kiper), Dusan Basta, Maurizio Domizzi, Gabriel, Allan, Danilo, Giampiero Pinzi, Thomas Heurtaux, Andrea Lazzari, Luis Muriel, Antonio Di Natale. Pelatih: Francesco Guidolin.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA