Paruh Pertama, Soton Paksa City Bertekuk Lutut

FK
Oleh Farid Kusuma
Minggu 10 Februari 2013
share
Southampton saat melesatkan goal ke kandang Manchester City - Getty Images

INILAH.COM, Southampton - Southampton yang menjamu Manchester City dalam lanjutan Liga Primer Inggris, di Stadion St.Mary, Sabtu (9/2/13), mampu di babak pertama dengan skor 2-1.

Sepasang gol yang membuat Soton memimpin sementara, dicetak oleh Jason Puncheon dan Steven Davis, sedangkan City baru bisa membalas dengan sebuah lesakan Edin Dzeko.

Tampil di kandang sendiri, The Saints langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu, dengan mengurung pertahanan The Citizens, begitu peluit kick off dibunyikan oleh wasit.

Memasuki menit ke-7, sebuah serangan balik cepat yang dilakukan tim tuan rumah berbuah gol. Diawali kesalahan Gareth Barry saat melakukan penguasaan bola yang tak sempurna sehingga dapat dicuri Jason Puncheon, bola dikirim ke arah Jay Rodriguez yang tak terkawal di jantung pertahanan lawan.

Sepakan Rodriguez yang tak sempurna, mampu dimentahkan oleh kiper City, Joe Hart. Namun, bola muntah yang masih berada di kotak penalti, langsung disambar oleh Puncheon. Kontan skor menjadi 1-0.

City langsung merespon gol tersebut dengan meningkatkan serangan yang dimotori oleh Yaya Toure dari lini tengah. Tapi, solidnya pertahanan yang dibangun oleh penggawa Southampton, membuat upaya itu gagal menemui sasaran.

Keasyikan menyerang, skuad arahan Roberto Mancini lengah dan kondisi itu mampu dimanfaatkan Steven Davis untuk menggandakan keunggulan The Saints, di menit ke-21.

Tusukan Rickie Lambert yang lolos dari kawalan Gael Clichy di sektor kiri pertahanan, memberikan ruang tembak yang langsung diteruskan dengan tendangan keras. Joe Hart sebetulnya mampu menepis bola, sayang upaya pengamanan itu tak sempurna dan disambar oleh Davis. Skor kembali berubah menjadi 2-0.

Semangat tempur tim besutan Mauricio Pochettino kian menggelora. Serangan gencar terus dilakukan hingga laga menginjak menit ke-30, sementara tamunya hanya mampu meladeni dengan serangan balik.

Ternyata, skema counter attack yang diterapkan City, berbuah gol di menit ke-38. Bola yang dikuasai Edin Dzeko di daerah pertahanan sendiri, segera disodorkan kepada David Silva yang kemudian menggiring hingga ke lapangan tengah dan mengirim kepada Zabaleta di sisi kanan.

Setelah melakukan penetrasi hingga kotak penalti, umpan mendatar diarahkan kepada Dzeko dan disambut dengan sontekan yang membuat si kulit bundar meluncur ke dalam gawang. Skor menjadi 2-1.

Di sisa waktu paruh pertama, tuan rumah masih tetap mendominasi permainan dengan melanjarkan tekanan bertubu-tubi. Memasuki injury time, Jay Rodriguez dijatuhkan di dalam kotak terlarang oleh Yaya Toure. Tapi, wasit tak mengaggap itu pelanggaran dan tak lama kemudian meniupkan peluit tanda babak pertama usai.

Susunan pemain:

Southampton: Artur Boruc, Nathaniel Clyne, Maya Yoshida, Morgan Schneiderlin, Daniel Fox, Jos Hooiveld, Steven Davis, Jack Cork, Jason Puncheon, Rickie Lambert, Jay Rodriguez. Pelatih: Mauricio Pochettino.

Manchester City: Joe Hart, Pablo Zabaleta, Javi Garcia, Gareth Barry, Gael Clichy, Joleon Lescott, Samir Nasri, Yaya Toure,David Silva, Sergio Aguero, Edin Dzeko. Pelatih: Roberto Mancini.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA