Petenis AS Ini Mantap Pensiun Usai AS Terbuka

BL
Oleh Boy Leonard Pasaribu
Rabu 28 Agustus 2013
share
(Foto : istimewa)

INILAH.COM, New York - Petenis Amerika Serikat, James Blake, mantap menetapkan waktu pensiunnya. Ia bakal mengikuti jejak bintang tenis kompatriotnya, Andy Roddick.

Musim lalu, Roddick menjadikan AS Terbuka sebagai partai terakhir dalam karirnya. Hal serupa ditiru Blake. Petenis berusia 33 tahun itu memutuskan gantung raket setelah berpartisipasi di AS Terbuka musim ini.

"Ini akan menjadi turnamen terakhir saya. Saya butuh waktu untuk mengambil keputusan ini, tetapi saya amat senang dan nyaman dengan keputusan ini," ujar Blake seperti dilansir CBS Sports.

Raihan tertinggi Blake speanjang karirnya adalah peringkat empat dunia, yang dicapai pada 2006. Sepanjang karirnya, petenis kelahiran New York itu tak pernah meraih gelar Grand Slam. Torehan tertingginya adalah perempatfinal, masing-masing di AS Terbuka (2005,2006) dan Australia Terbuka (2008).

Usai gantung raket, Blake belum punya rencana khusus untuk kelanjutan karirnya. Keluarga masih menjadi pertimbangan utama.

"Banyak atlet yang bilang bahwa perasaan mengalirnya adrenalin saat bertanding tak bisa tergantikan, tetapi saya merasakan lebih banyak adrenalin akhir-akhir ini saat melihat putri saya bangun pagi," ia menjelaskan seperti dikutip dari Chicago Tribune.

Blake kemudian mengenang sepenggalan kisah dalam karirnya, terutama pada 2004. Ia nyaris tewas saat berlatih di lapangan tanah liat. Saat itu ia terpeleset dan menghantam tiang net dan membuat tulang lehernya retak. Pada tahun yang sama, ayahnya meninggal.

"Hanya beberapa milimeter lagi leher saya patah dan saya bisa lumpuh seumur hidup. Saat hal itu terjadi dan saya bisa berdiri kembali beberapa bulan kemudian, saya sadar saya amat beruntung," Blake mengakhiri.

AS Terbuka 2013 sudah mulai bergulir pada 26 Agustus. Jika berhasil menembus final, maka karir Blake akan berakhir pada tanggal 10 September.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA