Putaran Kedua IPL Terancam Mundur

CA
Oleh Cakrayuri
Rabu 28 Agustus 2013
share
Liga Prima Indonesia (IPL) - (Foto:istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Putaran kedua Liga Prima Indonesia (IPL) yang bakal bergulir 4 September mendatang terancam molor. Apa penyebabnya?

PSSI selaku organisasi sepakbola Indonesia menilai PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) masih memiliki tanggung jawab di putran pertama. Ada beberapa laga yang belum dijalankan.

"PSSI merekomendasikan agar PT LPIS merampungkan apa yang harus dikerjakan pada putaran pertama. Jika belum, maka tidak boleh asal melanjutkan kompetisi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Pertandingan yang belum dituntaskan oleh PT LPIS yakni laga antara Persiba Bantul melawan Persebaya Surabaya yang dijadwalkan pada 1 September atau tiga hari sebelum putaran kedua IPL digulirkan.

"Rekomendasi bertujuan memastikan seluruh peserta berkompetisi dengan starting poin yang clear. Karena itu, harus diselesaikan dulu semuanya. PSSI sebenarnya tidak dalam posisi menunda. Tapi, akurasi itu penting agar validitasnya tidak menimbulkan masalah baru," pria yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia menjelaskan.

Hal itu membuat Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kesulitan dalam membuat keputusan tentang pertandingan di putaran pertama IPL. Joko mengatakan, data-data IPL yang berada di Komdis PSSI membingungkan.

"Summary dan data pendukung memiliki kontradiksi yang cukup menyita waktu Komdis dalam membuat keputusan. Misalnya, A melawan B, sementara B-nya tidak datang. Adapula A lawan B, tapi A tidak menyelenggarakan pertandingan. Setelah masuk dokumen pendukung ternyata bukan A melawan B yang bermain tanggal itu, tapi C melawan D," dia mengakhiri. [arn]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA