Bungkam PSV, AC Milan Tembus Liga Champions

AN
Oleh Arie Nugroho
Kamis 29 Agustus 2013
share
(Foto : gettyimages)

INILAH.COM, Milan - AC Milan memastikan diri lolos ke Liga Champions 2013/2014. Bermain 1-1 melawan PSV Eindhoven di leg pertama play-off, Rossneri menekuk PSV 3-0 di leg kedua.

AC Milan menjamu PSV di markasnya, Stadion San Siro, pada leg kedua babak play-off Liga Champions, Kamis (29/8/2013) dinihari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama.

Milan menurunkan skema 4-4-2 di pertandingan ini dengan bertumpu pada duet Stephan El Shaarawy dan Mario Balotelli di lini serang. Sementara, PSV mengandalkan Memphis Depay, Park Ji-Sung, dan Tim Matavz di lini depan dalam balutan formasi 4-3-3.

Kebuntuan Milan pecah pada menit kesembilan melalui tembakan jarak jauh Kevin-Prince Boateng. Milan mencetak dua gol tambahan di babak kedua melalui sontekan Mario Balotelli di menit ke-55 dan gol kedua Boateng pada menit ke-77.


Jalannya Pertandingan

Meski hanya butuh hasil imbang 0-0, Milan langsung menggebrak sejak awal. Kecepatan El Shaarawy dan Balotelli menjadi kunci Milan membongkar pertahanan tim raksasa Belanda itu.

Namun, peluang pertama justru dimiliki PSV saat pertandingan baru berusia tiga menit. Umpan silang Eilens disambut tandukan Matavz. Namun, Cristian Abbiati tampil gemilang dan menepisnya dengan satu tangan.

Kebuntuan Milan pecah saat pertandingan menginjak menit kesembilan. Berawal dari serangan balik, Kevin-Prince Boateng melepas tembakan keras dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok kanan gawang PSV. 1-0 Milan unggul.

Milan nyaris menambah keunggulannya pada menit ke-33. Tembakan El-Shaarawy dari luar kotak penalti menerpa mistar gawang. Bola memantul ke bawah dan belum melewati garis gawang. Skor 1-0 atau agregat 2-1 bagi keunggulan Milan bertahan hingga babak pertama usai.

Keunggulan satu gol di babak pertama tak memuaskan hati Milan. Penggawa Rossoneri tetap mengusung strategi menyerang guna menambah gol pada babak kedua.

Strategi tersebut membuahkan hasil positif sepuluh menit babak kedua bergulir. Mario Balotelli menggandakan keunggulan Milan. Berawal dari sepak pojok, tandukan Philippe Mexes disambut sontekan kaki kiri Balotelli di depan gawang. Kiper Jeroen Zoet hanya mampu menyaksikan bola menembus gawangnya. 2-0 Milan unggul, agregat 3-1.

Milan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-74. El Shaarawy membawa bola menyisir dari sisi kanan pertahanan PSV. Kemudian, pemain asal Italia itu melepaskan tembakan jarak jauh yang masih sedikit tinggi di atas mistar gawang.

Tiga menit berselang, gol ketiga Milan akhirnya tercipta. Boateng mencetak gol keduanya di pertandingan ini melalui kaki kiri ke pojok kanan gawang PSV. Milan unggul 3-0.

Hingga laga usai, keunggulan 3-0 Milan (agregat 4-1) tetap tak berubah. Dengan demikian, pasukan Merah Hitam memastikan satu tempat di ajang Liga Champions 2013/2014.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA