Tokyo Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

CA
Oleh Cakrayuri
Minggu 08 September 2013
share
ist

INILAH.COM, Buenos Aires - Komite Olimpiade Internasional telah memutuskan memilih Kota Tokyo, Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Ini merupakan kali ketiga Tokyo menjadi tuan rumah.

Pemungutan suara tersebut berlangsung di Buenos Aires, Argentina. Tokyo berhasil menyingkirkan dua kandidat lainnya, yakni Madrid dan Istanbul.

Keputusan itu keluar setelah Komite Olimpiade Internasional memutuskan untuk mengambil suara dari 100 orang anggota. Madrid yang hanya mendapatkan empat suara tentu langsung dianggap gugur. Istanbul mendapatkan 36 suara dan Tokyo unggul telak setelah mendapat 60 suara.

"Selamat kepada Tokyo atas terpilihnya sebagai tuan rumah Olimpiade 2020," ucap Presiden Komite Olimpiade Internasional," Jaacques Rogge, dikutip dari Sky Sports.

"Ketiga kota itu sebenarnya mampu menyelenggarakan Olimpiade di tahun 2020 dengan baik, tapi Tokyo yang menjadi paling populer di keanggotaan Komite Olimpiade Internasional. Tokyo juga diaanggap memiliki teknis yang lebih mumpuni," dia melanjutkan.

Sebelumnya, ketiga kota tersebut memiliki masalah politis, ekonomis, dan kelemahan lain. Pemenang ditentukan bukan karena atribut positifnya, tetapi karena kelemahannya lebih sedikit dari saingannya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA