Tumbangkan Timor Leste, Indonesia Tembus Final

CA
Oleh Cakrayuri
Jumat 20 September 2013
share
goal.com

INILAH.COM, Sidoarjo - Untuk kali pertama, Indonesia berhasil menembus partai final Piala AFF U-19 setelah berhasil mengalahkan Timor Leste di babak semifinal, Jumat (20/9/2013).
Bermain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Garuda Muda mengalahkan Timor Leste degan skor 2-0. Dua gol Indonesia dicetak oleh Ilham Udin pada menit kesembilan dan Hargianto di menit ke-60.
Pelatih Indonesia, Indra Sjafri kembali menerapkan formasi 4-3-3. Evan Dimas kembali menjadi motor serangan untuk tiga pemain depan andalan Garuda Muda, Maldini, Ilham Udin dan Mukhlis Hadi.
Di sisi lawan, Timor Leste akan mengandalkan kecepatan yang dimiliki pemainnya. Pelatih Norio Tsukitate mengandalkan serangan balik.
Jalannya pertandingan
Babak pertama baru berjalan dua menit. Indonesia langsung menekan Timor Leste. Ilham Udin memberikan umpan terobosan lambung kepada Mukhlis. Sayang bola masih bisa dipatahkan oleh bek Jorge Victor.
Lima menit kemudian, peluang emas pertama Garuda Muda untuk mencetak gol. Evan Dimas mengeksekusi sepak pojok di sisi kanan pertahanan Timor Leste. Bola berhasil ditanduk Ilham Udin. Tapi sundulannya masih menyamping di sisi gawang Fagio.
Ilham Udin akhirnya mencetak gol untuk Indonesia di menit kesembilan. Mukhlis memberikan umpan mendatar kepada Ilham yang berada di sisi kanan pertahanan Timor Leste, dia merangseng ke dalam kotak penalti. Penyerang bernomor puggung 20 itu melepaskan tendangan. Bola mengenai tiang gawang sebelah kiri sebelum masuk ke gawang. Kiper Fagio hanya melihat bola masuk ke gawangnya.
Dua menit berselang giliran Timor Leste menekan pertahanan Indonesia. Berawal dari tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Garuda Muda, De Jesus Reis menendang bola dengan kaki kanannya. Sayang akurasi sepakan kapten Timor Leste itu masih melebar di sisi kiri gawang Ravi.
Zulfiandi melakukan sepakan jarak jauh dari jarak 35 meter. Sayang sepakan kaki kanan gelandang Indonesia itu masih belum menemui sasaran. Peluang itu tercipta di menit ke-18.
Menit ke-20, Garuda Muda mendapat dua peluang sekaligus. Breawal dari Mukhlis yang mengecoh dua pemain Timor Leste di kotak penalti. Dia melepaskan sepakan kaki kanan, tapi bola masih membentur pemain belakang Timor Leste.
Bola yang bergerak bebas mengarah kepada Evan Dimas. Kapten Indonesia itu melepaskan tendangan kaki kiri dari depan kotak penalti. Namun upayanya masih melebar di sisi kanan gawang Fagio.
Pada menit ke-27, Zulfiandi kembali melakukan sepakan jarak jauh. Berawal dari umpan pendek Evan Dimas, Zulfiandi yang menerima umpan itu langsung melepaskan tembakan jarak jauh. Kali ini bola mengarah ke gawang, tapi Fabio berhasil menangkapnya.
Menit ke-34, pemain Timor Leste memperagakan permainan bola pendek dari kaki ke kaki. De Jesus Reis memperagakan satu dua dengan Alvez. De Jesus Reis melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Bola mengarah kepada Wilson, tapi Ravi berhasil meninju bola untung menggagalkan serangan itu.
Ravi mengalami insiden kecil pada menit ke-37. Pelipis kanan matanya terkena tangan pemain belakang Indonesia. Alhasil pelipis matanya mengeluarkan darah. Pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk mengganti Ravi dengan Rully Desrian.
Lima menit kemudian, Evan Dimas memberikan umpan silang mentarad dari sisi kiri pertahanan Timor Leste. Bola langsung disambar oleh Ilham Udin. Namun, upayanya masih melebar di sisi kanan gawang Fagio.
Menit ke-44, Mukhlis kembali mendapat peluang emas setelah mendapat umpan pendek Ilham Udin. Mukhlis berhasil merangsek masuk ke dalam kotak penalti Timor Leste, dia langsung menyepak bola. Sayang bola masih melambung tinggi di atas gawang Fagio.
Hingga turun minum, Indonesia berhasil unggul 1-0 atas Timor Leste.
Garuda Muda tidak mengendurkan serangan di awal babak kedua. Menit ke-46, Ilham Udin bergerak di sisi kanan pertahanan Timor Leste, dia melepaskan umpan tarik ke arah Evan Dimas. Gelandang serang bernomor punggung 6 itu melepaskan sepakan kaki kiri. Tapi Fagio berhasil menangkap sepakan Evan Dimas dari jarak dekat.
Tiga menit kemudian Indonesia kembali mendapat peluang. Evan Dimas mengeksekusi sepak pojok di sisi kiri pertahanan Timor Leste. Bola berhasil disundul Hansamu Yama. Namun tandukan bek Garuda Muda itu masih berada di atas tiang gawang Fagio.
Evan Dimas kembali menebar ancaman di jantung pertahanan Timor Leste. Pada menit ke-55, dia melepaskan sepakan kaki kiri dari depan kotak penalti. Tapi arah bola masih melebar di sisi kiri gawang Fagio.
Timor Leste mulai mencoba memberi tekanan di menit ke-59. De Jesus Reis mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Pemain bernomor punggung 10 itu mengarahkan bola ke gawang Indonesia. Namun Rully masih cekatan menangkap si kulit bundar.
Satu menit kemudian, Indonesia unggul 2-0. Hargianto menyepak bola dengan kaki kirinya dari depan kotak penalti. Bola mengarah ke pojok kiri bawah gawang Timor Leste. Fagio mencoba menghalau bola. Tapi bola tak bisa dijangkaunya. Indonesia pun memimpin 2-0.
De Jesus Reis kembali memberi tekanan untuk Indonesia pada menit ke-68. Berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Garuda Muda. De Jesus Reis kembali memilih untuk melakukan tendangan langsung. Usahanya pun masih melambung tinggi di atas gawang Rully.
Tiga menit kemudian, Timor Leste kembali mendapat peluang. Monteiro melepaskan tendangan kaki kanan dari depan kotak penalti Indonesia. Sayang, upayanya masih tinggi di atas gawang Rully.
Menit ke-72 giliran Evan Dimas unjuk gigi. Kapten Indonesia itu berkolaborasi dengan Dinan Javier di dalam kotak penalti Timor Leste sebelum melepaskan tendangan kaki kiri mendatar. Sayang upaya Evan Dimas kembali digagalkan oleh Fagio.
Evan Dimas kembali menjadi motor penyerangan timnas U-19. Di menit ke-82, sang kapten melepaskan umpan pendek kepada Hargianto yang berada di depan kotak penalti Timor Leste. Gelandang bernomor punggung 8 itu langsung melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun Fagio berhasil menjinakkan bola.
Menit ke-90+3, peluang terakhir Timor Leste untuk memperkecil kedudukan. De Jesus Reis memberikan umpan silang mendatar dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Bola langsung disambar oleh Alvez. Namun Rully berhasil menangkap bola.
Tak lama setelah peluang itu, wasit meniup peluit panjang, pertanda pertandingan telah usai. Indonesia menang 2-0.
Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil menembus partai final Piala AFF U-19 yang akan digelar pada Hari Minggu (22/9/2013). Garuda Muda sudah ditunggu oleh Vietnam yang pada laga sebelumnya mengalahkan Laos dengan skor tipis 1-0. [arn]
Susunan pemain
Indonesia: Ravi Murdianto (Rully Desrian '37); M Fatchur Rahman, M Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama, Putu Gede Juni Antara; Zulfiandi (Hendra Sandi '80), Hargianto; Evan Dimas; Maldini, Ilham Udin (Dinan Javier '69), Mukhlis Hadi.
Pelatih: Indra Sjafri
Timor Leste: Fagio Augosto DS Pereira; Jorge Sabas Victor, Candido Monteiro, Moises Pina Amorin, Ezequiel Dos Santos; Marcos Morais Gusmao (J Dos Santos '64), Henrique Wilson Martinz, Jorge Manuel Alvez (Julianus Da Costa '46) , Nataniel De Jesus Reis; Frangcyatma Alves, Adelino de Oliveira.
Pelatih: Norio Tsukitate

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA