Sejak Ada Ronaldo Timnas Portugal Rajin ke Final

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 07 Juni 2019
share
(Foto: marca)

INILAHCOM, Jakarta - Cristiano Ronaldo membuktikan dirinya bukan cuma bagus di level klub. Di tim nasional, sejak kehadirannya Portugal sudah tiga kali tampil di final.

Ronaldo tampil sebagai pahlawan Portugal berkat hatriknya saat mengalahkan Swiss 3-1 di semifinal UEFA Nations League 2019 di Estadio do Dragao, Porto, Kamis (6/6/2019) dini hari WIB. Di final, Portugal akan bertemu pemenang antara Belanda versus Portugal.

Bagi Ronaldo ini merupakan kali ketiga membawa negaranya tampil di final turnamen mayor. Menjalani debut di timnas senior pada Piala Eropa 2004. Ronaldo yang saat itu baru berusia 19 tahun langsung memberikan dampak signifikan dengan membantu Selecao das Quinas melaju ke final.

Sayang, di laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Da Luz, Lisbon, pada 4 Juli 2004, Portugal yang bermain di depan publik sendiri harus takluk 0-1 dari Yunani berkat gol Angelos Charisteas di menit ke-57.

Setelah kegagalan tersebut, Ronaldo dan Portugal harus menunggu 12 tahun untuk kembali menjejakan kaki di final Piala Eropa. Di tahun 2016, Portugal keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan tuan rumah Prancis 1-0 berkat gol semata wayang Eder.

Di final, Ronaldo memang tidak tampil penuh karena mengalami cedera. Namun, CR7 punya andil besar meloloskan negaranya ke final. Di semifinal ia menyumbang satu gol saat mengalahkan Wales 2-0.

Tahun ini, Ronaldo berpeluang mempersembahkan satu lagi trofi mayor bagi Portugal dari ajang UEFA Nations League. Jika mampu menjuarainya, Portugal akan menjadi negara pertama yang angkat trofi di ajang tersebut.

Meskipun sudah memasuki usia 34 tahun, performa Ronaldo masih terjaga dengan baik. Sejauh ini, ia sudah mengemas 88 gol dari 157 penampilan bersama timnas Portugal di semua ajang.

Trigolnya ke gawang Swiss menjadi torehan ke-21 di level internasional, ia menyamai rekor hatrik legenda Iran, Ali Daei, yang juga salah pemegang rekor gol terbanyak dunia dengan koleksi 109 gol.

Sumber: Marca

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA