UEFA Nations League 2019

Belanda Perpanjang Rekor Buruk di Final

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 10 Juni 2019
share
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Belanda harus puas jadi runner-up UEFA Nations League 2019 setelah di final kalah dari Portugal. Kegagalan ini menambah panjang rekor kurang oke De Oranje main di laga final.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari WIB, Belanda lebih dominan dalam penguasaan bola. Namun, mereka justru buruk dalam penyelesaian akhir. Memphis Depay dkk hanya bisa melakukan empat shots dan cuma satu yang on target.

Sebaliknya, Portugal bermain lebih efisien. Ada 14 shots yang dilepaskan tim asuhan Fernando Santos, dari tujuh yang on target satu diantaranya berujung gol lewat sepakan Goncalo Guedes di menit ke-60 meneruskan umpan Bernardo Silva.

Bagi Belanda ini merupakan keempat kalinya mereka kalah dari lima penampilan di final turnamen mayor internasional dari. De Oranje pertama kali tampil di final turnamen internasional pada tahun 1974. Saat itu, Belanda yang diperkuat Johan Cruiff harus mengakui keunggulan Jerman Barat di final Piala Dunia dengan skor 1-2.

Empat tahun berselang, Belanda kembali menjejakan kaki di final Piala Dunia 1978 di Argentina2. Namun, Tim Oranje tampil anti-klimaks dikalahkan tim tuan rumah dengan skor 1-3.

Belanda harus menunggu sampai 2010 untuk kembali merasakan final. Di laga pamungkas Piala Dunia 2010 di Afrika, Tim Oranje lagi-lagi harus puas jadi runner-up setelah dikalahkan Spanyol lewat gol tunggal Andres Iniesta.

Satu-satunya laga final yang dimenangkan Belanda sejauh ini adalah final Piala Eropa 1988. Saat itu, Marco van Basten dkk mampu mengalahkan Uni Soviet dengan skor 2-0.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA