Barca Sulit Juara UCL, Van Gaal: Itu karena Messi

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Selasa 25 Juni 2019
share
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Barcelona kesulitan menjuarai Liga Champions Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Louis van Gaal menyalahan Lionel Messi, atas kegagalan tersebut. Apa alasannya?

Barcelona terakhir kali menjuarai Liga Champions Eropa pada musim 2014-15, setelah itu Barca belum pernah lagi mencapai final. Pada musim 2018-19, Los Blaugrana hampir melangkah ke final. Di leg pertama mereka sempat menang 3-0 atas Liverpool sebelum berbalik kalah 0-4 di Anfield, Barca terhenti di semifinal kalah agregat 3-4.

Prestasi Barca di Liga Champions Eropa jadi sorotan Louis van Gaal. Mantan pelatih Barcelona 1997-2000 itu menyebut Messi menjadi penyebab kegagalan timnya di level Eropa karena dinilai terlalu bermain secara individu.

"Lihatlah Barcelona, berapa trofi Liga Champions yang mereka menangkan dengan pemain yang mereka sebut terbaik di dunia?" kata Van Gaal.

"Lihatlah Neymar di PSG, berapa trofi Liga Champions yang mereka menangkan? Neymar dan Messi adalah pemain yang suka secara individu, tapi mereka bukan pemain tim. Messi harus bertanya pada dirinya sendiri kenapa sudah lama tak meraihnya sejak ia memenanginya," ia melanjutkan.

Van Gaal menyebut prestasi individu Messi tak ada artinya jika terus gagal menghadirkan gelar juara di kompetisi Eropa.

"Dia adalah pemain individu terbaik di dunia karena angka-angkanya yang luar biasa. Saya sangat menyukainya, tapi mengapa dia tidak memenangkannnya dalam lima tahun terakhir? Kenapa? Sebagai kapten, dia harus bertanya kenapa timnya tidak bisa menang di Eropa," pungkas juru taktik asal Belanda.

Sumber: Marca

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA