Soal Rasisme, Sepak Bola Italia Alami Kemunduran

RA
Oleh Reza Adi Surya
Minggu 22 September 2019
share
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte - (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Milan - Pelatih Inter Milan, Antonio Conte menilai, sepak bola Italia mengalami kemunduran terkait isu rasisme. Dia membandingkan masalah ini dengan Liga Primer Inggris.

Kasus rasisme marak terjadi di Italia belakangan ini. Salah satu yang menjadi korban belum lama ini adalah penyerang Inter, Romelu Lukaku. Bahkan, seorang komentator di televisi juga melakukan aksi yang sama pada pemain asal Belgia itu.

Tak begitu lama meninggalkan Italia melatih klub luar negeri, Conte mengaku terkejut dengan kemunduran yang dialami sepak bola Italia terkait rasisme.

"Rasisme adalah masalah besar di Italia, tapi juga masalah penghinaan lain. Setelah tiga tahun meninggalkan Italia, saya melihat Italia mengalami kemunduran," kata Conte, dikutip dari Football Italia.

"Orang-orang menulis secara eksklusif untuk menimbulkan kebencian. Italia menjadi jauh lebih buruk belakangan ini dan kita semua harus disalahkan. Kita bicara tentang sesuatu yang mendidik generasi mendatang untuk menimbulkan rasa benci dan aksi kekerasan," tambahnya.

Conte membandingkan kasus rasisme di Italia dan Inggris terkait hukuman. Dia menyebut, hukuman di Italia masih buruk.

"Di Inggris, jika dua atau tiga fans mencoba sesuatu, mereka langsung masuk penjara. Di sini, fans pergi ke stadion secara eksklusif untuk menghina lawan, pemain, orang-orang kulit hitam," ujarnya.

"Akan sangat menyenangkan melihat fans datang menonton pertandingan hanya demi mendukung tim kesayangannya. Anak-anak seharusnya merasakan hal seperti it alih-alih merasakan atmosfer yang melewati batas," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA