Aksi Kiper Union Berlin Cegah Keributan Suporter

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 04 November 2019
share
(gettyimages)

INILAHCOM, Berlin - Derby Berlin antara Hertha Berlin melawan Union Berlin berlangsung panas. Kiper Rafa Gikiewicz harus berjibaku menghalau fans timnya agar tidak terlibat bentrokan dengan suporter lawan.

Union Berlin menjamu Hertha Berlin di Alte Forsterei Stadium, Minggu (3/11/2019) malam kemarin, pada lanjutan pertandingan Bundesliga Jerman 2019-2020. Derby Berlin merupakan salah satu duel dua tim satu kota paling panas dalam sejarah sepak bola tanah Jerman.

Benar saja, atmosfer panas sudah terasa sejak babak pertama. Bahkan, kickoff babak kedua sempat ditunda beberapa menit setelah fans Hertha melempar flare ke dalam lapangan yang menyebabkan asap tebal mengepul.

Melihat situasi tidak kondusif di lapanga, wasit Deniz Aytekin memutuskan menahan pemain tetap berada di lorong ganti sampai lima menit menunggu petugas membersihkan flare dari dalam lapangan.

"Menyedihkan saat situasi seperti ini terjadi. Saya cuma berharap tidak ada yang terluka di dalam lapangan. Ini tak perlu terjadi dalam sepak bola," kata Aytekin.

"Keselamatan pemain adalah yang terpenting. Setelah berkoordinasi dengan polisi, kami memutuskan untuk melanjutkan pertandingan karena pada akhirnya jaminan keselamatan adalah yang utama," ia melanjutkan.

Di akhir laga, Union Berlin memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0 berkat gol penalti Sebastian Polter pada menit ke-90. Meskipun timnya menang, fans Union Berlin malah berusaha memprovokasi fans lawan. Beberapa fans Union melompati pagar dan masuk ke lapangan lalu berjalan menuju tribun fans Hertha Berlin.

Guna mencegah kerusuhan suporter yang berpotensi pecah di dalam stadion, kiper Union Berlin, Rafa Gikiewicz, dengan berani berinisiatif menghadang sejumlah fans Union Berlin Berlin yang menutupi wajahanya dengan masker buff. Rafa dengan keras meminta para fans Union Berlin kembali ke tribun.

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari Bundesliga selaku operator mengenai aksi fans Union dan Hertha Berlin tersebut.

Hertha Berlin yang menelan kekalahan masih tertahan di peringkat 11 dengan mengemas 11 poin dari 10 laga, sementara Union Berlin naik ke peringkat 14 dengan 10 poin hasil dari 10 laga.

Sumber: ESPN

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA