Menpora Malaysia: Usut Pemukulan Fans Indonesia

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 22 November 2019
share
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, merespon kabar pemukulan suporter Indonesia di Malaysia. Ia meminta polisi mengusut kasus tersebut.

Video pengeroyokan dua suporter Indonesia di Malaysia oleh pendukung Malaysia beredar luar di media sosial sejak Rabu (20/11/2019) kemarin, sehari setelah Malaysia mengalahkan Indonesia 2-0 pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejumlah kelompok suporter Timnas Indonesia memang hadir langsung di Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur, guna memberi dukungan kepada tim arahan Yeyen Tumena.

Dalam video singkat yang beredar di media sosial Twitter maupun Instagram terlihat dua orang suporter Indonesia mendapat aksi kekerasan dari sekelompok pendukung Malaysia yang diklaim sebagai Casual Malaya.

Insiden tersebut membuat warganet Indonesia geram, mereka kemudian membanjiri akun media sosial Menpora Malaysia, Syed Shaddiq, agar segera mengeluarkan pernyataan serta meminta pertanggungjawaban.

Merespon desakan tersebut, Syed kemudian berkomunikasi dengan Kepolisian Diraja Malaysia untuk segera mengusut setiap laporan yang masuk terkait aksi kekerasan suporter.

"Saya sudah perintahkan kepada Kepolisian untuk mengusutnya. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh ia buat laporan ke polisi," demikian isi tweet Syed Saddiq melalui akun Twitter resminya @SyedSaddiq merespon tweet dari warganet Indonesia.

"Kami akan pastikan ada pengusutan yang tepat dan transparan. Keadilan adalah untuk semua, terlepas dari Malaysia atau Indonesia," lanjut kicaunya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendesak Malaysia meminta maaf atas insiden tersebut. Kemenpora sudah mendapat penjelasan dari KBRI di Kuala Lumpur bahwa video pengeroyokan suporter Indonesia yang beredar di media sosial adalah benar bukan hoaks.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA