SEA Games 2019

Indra Ungkap Kunci Indonesia Kalahkan Singapura

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 29 November 2019
share
Pelatih Indra Sjafri - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 harus bersusah payah mengalahkan Singapura U-23 di SEA Games 2019. Indra Sjafri mengaku sempat was-was melihat rencana permainannya sempat tak berjalan di laga tersebut.

Pertandingan Indonesia versus Singapura berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019) malam WIB. Di babak pertama, Indonesia kesulitan menciptakan peluang berarti yang mengancam gawang Singapura.

Sebaliknya, tim lawan mengandalkan keunggulan tinggi pemainnya dalam menekan pertahanan Indonesia dengan permainan bola lambung serta mengandalkan situasi bola mati. Skema tersebut hampir saja berujung gol andai sundulan Irfan Fandi tidak membentur tiang gawang.

Di babak kedua, Indonesia mampu mengubah alur permainan dan mencetak dua gol kemenangan lewat aksi Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam. Sebelumnya, Indonesia juga mampu mengalahkan Thailand dengan skor 2-0 di laga perdana.

Menurut Indra Sjafri, pertandingan melawan Singapura lebih sulit dibanding jumpa Thailand. Kemampuan pemain menjalankan skema permainan yang baru di babak kedua juga ikut menentukan hasil akhir.

"Kayaknya lebih menegangkan pertandingan melawan Singapura ketimbang Thailand. Pada babak pertama game plan yang kami rencanakan tidak berjalan dengan semestinya. Setelah jeda kami melakukan evaluasi di kamar ganti dan melakukan pergantian," kata Indra usai laga.

"Pada babak kedua kami baru bisa melakukan hal-hal yang membuat Singapura kedodoran. Dua gol yang terjadi karena memang kecepatan yang dimiliki pemain kami yang membuat kontribusi untuk gol-gol tersebut," ia memungkasi.

Kemenangan atas Singapura menempatkan Indonesia di posisi dua Grup B dengan mengemas nilai enam. Skuad Garuda Muda cuma kalah produktifitas gol dari Vietnam yang berada di posisi teratas, sementara Singapura di posisi empat di bawah Thailand.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA