Messi Raih Gelar Playmaker Terbaik Versi IFFHS

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 29 November 2019
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Lionel Messi terpilih sebagai playmaker terbaik 2019. Messi mengungguli dua nama lainnya, Kevin de Bruyne dan Eden Hazard.

Penghargaan tersebut diberikan oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) atau Federasi Internasional Pencatat Rekor dan Statistik Sepak bola Dunia. IFFHS memberikan nilai tinggi pada Messi yaitu 299 poin, jumlah tersebut mengungguli De Bruyne yang memperoleh 85 poin serta Hazard 55 poin.

Perolehan poin tersebut berasal dari penilaian pakar sepak bola dari 90 negara berbeda. Bagi Messi ini merupakan kali keempat menerima penghargaan tersebut setelah tahun 2015, 2016 dan 2017.

Prestasi tersebut menyamai catatan mantan rekannya di Barcelona, Xavi Hernandez. Total, Messi sudah mengumpulkan 10 gelar dari IFFHS dalam sembilan tahun terakhir yang menjadi rekor tersendiri IFFHS.

Selain pesepak bola pria, IFFHS juga memilih Megan Rapinoe sebagai playmaker putri terbaik. Pelatih dan kiper Liverpool, Jurgen Klopp dan Alisson Becker, dianugerahi gelar pelatih dan kiper terbaik.

Fernando Santos (Portugal) menjadi pelatih timnas terbaik, dan Sari van Veenendaal (Belanda) menjadi kiper tim nasional terbaik. Lalu, ada nama Stephanie Fraapart (Prancis) jadi wasit wanita terbaik serta Damir Skomina (Slovenia) sebagai wasit putra terbaik IFFHS.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA