SEA Games 2019

Finish Kedua Cintya Nariska Tak Dapat Medali Perak

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Jumat 06 Desember 2019
share
Dea Putri Salsabila (tengah)

INILAHCOM, Jakarta - Atlet Modern Penthatlon Indonesia, Cintya Nariska, finish di urutan dua di final. Namun, ia tidak mendapatkan medali perak. Mengapa demikian?

Pada pertandingan final Modern Penthatlon nomor Beach Triathle Women Individual di Subic Bay Broadwalk, Jumat (6/12/2019) siang tadi, Indonesia menempatkan dua atletnya di tiga besar. Dea Putri Salsabila di urutan pertama, kemudian Cintya di posisi dua. Tempat ketiga jadi milik atlet Filipina, Princess Arbilon.

Dea Putri mencatatkan waktu terbaik 19 menit 52,73 detik, sementara Cintya menorehkan waktu 20 menit 2,02 detik. Lalu, Princess memiliki catatan waktu 21 menit 29,36 detik. Jika mengacu pada hasil tersebut maka Dea berhak atas medali emas, lalu Cintya perak dan Princess perunggu.

Namun, pada saat seremoni pengalungan medali, peraih medali perak justru jatuh kepada atlet Thailand, Sanruthai Aransiri yang memiliki catatan waktu 20 menit 50,97 detik bukan Cintya.

Manajer Modern Penthatlon Indonesia (MPI), Glenn Apfel, terkejut dengan keputusan tersebut. Ia mengaku tidak diberitahu sebelumnya jika ada aturan satu negara cuma boleh menerima satu medali.

"Sedang kami proses saat ini, dari mana dinyatakan satu negara hanya boleh satu. Kalau memang itu, saya rasa kami bisa menerima. Tapi itu tidak dibahas di dalam technical meeting," kata Gleen.

"Dikatakan di situ bahwa dalam THB dikatakan satu negara hanya boleh mendapat satu. Jadi kami kan emas dan perak, lalu kami menyatakan sudah siap di tempat bagian podium, tapi tidak dipanggil dan ternyata negara lain yang masuk," ia menambahkan.

Dalam Technical Handbook (THB) yang dikeluarkan oleh NOC SEA Games 2019 Filipina tercantum di poin 19 untuk Victory Ceremony cabor Modern Penthatlon medali hanya diberikan kepada satu atlet per negara dengan peringkat terbaik serta tiga teratas Mixed Team di nomor Beach Laser Run dan Beach Triathle.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA