Ini Lawan-lawan Bali Utd dan PSM di Kompetisi Asia

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 11 Desember 2019
share
 

INILAHCOM, Kuala Lumpur - Hasil pengundian Piala AFC 2020 menempatkan Bali United di Grup G sementara PSM Makassar di Grup H. Berikut lawan-lawan yang akan dihadapi kedua tim.

Pengundian fase grup Piala AFC 2020 berlangsung di Kantor AFC, Kuala Lumpur, Selasa (10/12/2019). Hasilnya, Bali United yang merupakan juara Liga 1 2019 tergabung bersama juara Liga Filipina, Ceres Negros, dan peringkat tiga Liga Vietnam, Than Quang Ninh. Satu slot tersisa di Grup G akan diperebutkan oleh wakil Laos dan Kamboja.

Berstatus kampiun liga, Bali United sebenarnya berhak tampil di Liga Champions Asia 2020 melalui jalur kualifikasi. Pada kualifikasi putaran pertama Serdadu Tridatu akan berhadapan dengan wakil Singapura, Tampines Rovers, pada 14 Januari mendatang. Jika menang, Bali United menghadapi wakil Australia, Melbourne Victory.

Jika berhasil melewati hadangan Melbourne Victory, Stefano Lilipaly dkk akan jumpa tim tangguh asal Jepang, Kawasaki Frontale/Kashima Antlers di babak playoff. Bila mampu lolos dari playoff, maka Bali United bisa tampil di fase grup Liga Champions Eropa.

Namun, jika kalah di salah satu fase tersebut maka posisi Grup G Piala AFC 2020 otomatis menjadi milik klub asal Pulau Dewata tersebut.

Sementara itu, PSM Makassar yang merupakan juara Piala Indonesia 2018-19 harus terlebih dulu bermain di babak playoff melawan tim asal Timor Leste, Lalenok United, yang berlangsung kandang dan tandang pada tanggal 22 dan 29 Januari 2020.

Jika mampu melewati hadangan Lalenok, PSM akan tergabung bersama Kaya FC (Filipina), Tampines Rovers/Geylang United (Singapura) dan Shan United/Ayeyawady (Myanmar).

Bermain di level Asia, PSM akan memakai Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, sebagai kandang sebab Stadion Andi Mattalatta dinilai tak layak menggelar pertandingan kompetisi Asia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA