Timnas Sea Games Disebut Tidak Gagal

HK
Oleh Happy Karundeng
Kamis 12 Desember 2019
share
Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali mengomentari Timnas Sepakbola U23 yang berjuang hingga pertandingan Final di Sea Games 2019 Filipina. Menurutnya, Timnas U23 tidak gagal.

"#timnasu23 arahan pelatih @indrasjafri_coach memang hanya memberikan medali perak di #seagames2019 setelah kalah 0-3 dari #vietnam di Rizal Memorial Stadium, #manila #filipina. Tapi, #Garudamudanusantara tidak gagal. @evhandimas cs sudah tampil maksimal mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Hanya memang Vietnam lebih baik di #seagames ke-30. Menyingkirkan juara 16 kali #thailand yang notabene Raja Asean sudah prestasi. Dan, berusaha terus mencetak gol tanpa lelah meski sudah tertinggal nilai plus dari @zulfiandi_ cs," tulisnya di akun instagram pribadinya, dikutip INILAHCOM, Kamis (12/12/2019).

Ia menyebut, sentuhan psikologis yang terus diberikan Ketum PSSI Komjen Mochamad Iriawan terus menjadi vitamin penambah semangat dan tenaga Timnas U23.

"Sentuhan psikologis dan dukungan moral serta motivasi yang terus diberikan Ketua Umun #PSSI @mochamadiriawan84 dan Waketum @cucu_somantri84 mengembalikan #fightingspirit #garudaindonesia yang sempat hilang kini kembali lagi," tulisnya.

"Ibarat membangun rumah, #PSSI baru meletakkan batu pertama dari proses renovasi bangunan yang sempat rapuh. Pengurus baru PSSI belum genap sebulan. Setidaknya, ini menjadi modal awal yang bisa dijadikan pondasi untuk membangun #timnas yang tangguh ke depan. Setidaknya, untuk #seagames mendatang yang akan digelar di #Hanoi Vietnam," paparnya.

"Mayoritas pemain yang ada saat ini akan berada dalam usia lebih matang dua tahun mendatang. Sebut saja @egymaulanavikri @saddilramdanii @m.riyandi_1 @nurhidayatnh32 @witansulaiman_ @firzaandika11 @rachmatirianto @asnawi_bhr @syahrian.abimanyu @febyekaputra11. Mereka bisa dikombinasikan dengan angkatan @baguskahfiii cs. Sementara Vietnam, Myanmar, Thailand, Malaysia harus membangun tim baru lantaran mayoritas pemainnya sudah melewati batas usia 2 tahun kedepan," sambungnya.

Ia pun menegaskan, secara psikologis juga tim ini tinggal dimatangkan untuk didorong berjuang di kualifikasi Piala Dunia juga persiapan tampil di AFF Cup.

"Artinya, bangunan psikologis yang sudah disuntikkan tinggal dimatangkan lewat jam terbang. Sekadar saran, timnas #SEAG yang ada bisa dilanjutkan jenjangnya ke sisa kualifikasi #worldcup2022 yang masih menyisakan 3 laga: vs Thailand #UEA dan Vietnam. Ini sekaligus persiapan tampil di #affcup 2020. Ya, tahun 2020 akan menjadi medan sesungguhnya buat pengurus baru PSSI saat ini. Apalagi, #Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 wanita, Piala AFF U16 putri plus Piala AFF U-15 putra dan U-18 putra. Pengembangan timnas lewat pendekatan #sportscience perlu dilakukan #akmalmarhali #akmal," tutupnya. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA