740 Pesilat Ikut Kejuaraan Banten Championship I

RA
Oleh Reza Adi Surya
Senin 16 Desember 2019
share
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 740 atlet pencak silat dari berbagai perguruan ikut terlibat dalam kejuaraan Banten Championship I, Minggu (15/12/2019) di GOR Ciceri, Kota Serang.

Kejuaraan ini melibatkan semua kelas dan kategori dari mulai usia dini, mahasiswa dan umum. Hadir dalam acara ini Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Ibnu Hasan.

"Banyak event yang kita buat, seperti Yogyakarta Championship, Tugu Muda Championship, dan Bandung Lautan Api Championship. Dan kini kami buka di Banten dengan judul Banten Championship I," ujar Ketua Panitia Kejuaraan Banten Championship, Romy Ardiansyah.

"Kami memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya bagi para peserta untuk merasakan pengalaman bertanding dan kesempatan kemajuan prestasinya ke jenjang pertandingan selanjutnya. Dan event ini akan dilaksanakan secara berkala guna mengenalkan dan memopulerkan pencak silat kepada khalayak ramai supaya tidak kalah dengan bela diri impor," tambahnya.

"Kami bertekad kejuaraan ini akan berjalan lebih baik dari event yang telah ada, agar tercipta bibit-bibit berbakat yang memiliki prestasi dunia. Kami berharap semua insan pencak silat bisa berpartisipasi pada kejuaraan ini dalam rangka meramaikan dan membudayakan Pencak Silat sebagai warisan luhur budaya bangsa," katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ibnu Hasan mengatakan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Zainudin Amali) sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

"Pemerintah melalui Kemenpora RI dengan Instansi akan terus memperjuangkan pencak silat sebagai cabang olahraga atau nomor yang bisa di pertandingkan di kancah dunia dan Olimpiade," ungkap Ibnu.

"Upaya mewujudkan generasi muda yang sehat, kuat dan mandiri serta berkarekter perlu dilakukan antara lain dengan menghidupkan semangat olahraga di kalangan masyarakat terutama pemuda yang salah satunya melalui olahraga pencak silat," lanjut Ibnu.

"Harapannya kejuaraan ini mampu mendukung program pemerintah dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Hal tersebut saya contohkan dengan mengikutkan putra bungsu saya Abdul Rahman di kategori usia dini dalam kejuaraan ini, walaupun cukup puas dengan perolehan perak," tutupnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA