Kabar Bepe Pensiun Mendunia

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 18 Desember 2019
share
(twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Kabar Bambang Pamungkas pensiun dari dunia sepakbola menyebar ke penjuru dunia lewat kicauan akun resmi Piala Dunia 2022. Di saat bersamaan, klub Malaysia, Selangor, menuliskan ucapan terima kasih kepada Bepe.

Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas, mengumumkan gantung sepatu pada pertandingan kandang terakhir Persija Jakarta di Liga 1 2019 melawan Persebaya Surabaya yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (17/12/2019) malam kemarin.

Pada pertandingan yang berkesudahan 1-2 untuk kemenangan Persebaya, Bepe mendapat kesempatan bermain sebagai pemain pengganti 14 menit sebelum laga usai. Meskipun ditutup dengan hasil mengecewakan yang diraih Macan Kemayoran, seremoni pensiun Bepe berlangsung penuh makna. Dia mendapat kenang-kenangan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, manajemen Persija, serta penghormatan dari para The Jakmania yang hadir di stadion.

Kabar pensiunnya Bepe dari sepakbola juga jadi perbincangan ramai di media sosial. Bahkan, kata kunci 'Bambang Pamungkas' sempat berada di urutan 9 trending topic dunia di lini masa Twitter sampai Selasa (17/12/2019) malam pukul 23:00 WIB. Sementara di skala nasional, nama Bambang Pamungkas berada di urutan pertama diperbincangkan di Twitter.

Sejumlah akun resmi sepakbola serta klub juga sempat mencuitkan soal pensiunnya Bambang Pamungkas. Terbaru, Rabu (18/12/2019) siang WIB, Bepe mendapat ucapan dari akun resmi Piala Dunia 2022.

"Selamat atas karier luar biasanya @bepe20. Pemain Timnas Indonesia dengan caps terbanyak Bambang Pamungkas pensiun. Legenda @PSSI dan @Persija_Jkt," demikian kicauan akun @FIFAWorldCup yang dibalas oleh Bepe dengan ucapan "Terima kasih".

Sebelumnya, ada akun resmi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yang juga mendengungkan kabar pensiunnya Bepe disertai unggahan foto saat masih berseragam Timnas Indonesia bernomor punggung 20.

"Bambang Pamungkas, legenda Timnas Indonesia dan Persija Jakarta mengumumkan pensiun dari sepakbola," demikian tweet @theafcdotcom.

Klub Liga Malaysia, FA Selangor, juga tak ketinggalan menyampaikan apresiasi serta terima kasih atas persembahan gelar juara saat Bepe bermain di klub tersebut dalam rentang 2005-07.

"Makasih Mas Bambang! Legenda skuad Merah Kuning yang berasal dari Indonesia, Bambang Pamungkas telah mengumumkan pensiun dari sepakbola pada jam 11 malam."

"Setelah hampir 20 tahun bertanding dan mencetak gol di atas lapangan, beliau kini secara resmi menggantung sepatu untuk selama-lamanya. Lahir pada 10 Juni 1980, Bambang merupakan anak asli Semarang, Indonesia."

"Beliau memulai karier sepakbolanya pada tahun 1999 bersama Persija Jakarta. Bambang atau Bepe bergabung ke Shah Alam (kandang FA Selangor) pada 2005 dan bermain bersama Selangor selama dua musim."

"Meskipun tak lama di Selangor, Bambang berhasil memberikan sumbangan besar bagi skuad Red Giants. Beliau merupakan pencetak gol terbanyak dengan 58 gol berselisih 16 gol di belakang topskorer Brian Fuentes (74 gol)," demikian utas kicauan akun @FASelangorMy.

Selama dua tahun membela Selangor, Bepe mampu menghadirkan gelar juara Liga Premier Malaysia 2005, Piala Malaysia 2005 dan Piala Liga Malaysia 2005. Sedangkan bersama Persija dia mengukir prestasi juara Liga Indonesia 2001 dan Liga 1 2018, serta Piala Presiden 2018.

Sayang, hingga akhir karier sepakbola profesionalnya, Bepe belum pernah sekalipun mempersembahkan gelar juara bagi Timnas Indonesia maupun menyicipi tampil di Piala Dunia. Prestasi terbaiknya di level timnas adalah tiga kali runner-up AFF Cup pada 2000, 2002, dan 2010.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA