Kunci Sukses Persebaya Jadi Runner-up Liga 1 2019

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 25 Desember 2019
share
Aji Santoso - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Aji Santoso mampu membawa Persebaya Surabaya finish di urutan dua Liga 1 2019. Apa rahasia sukses Aji memperbaiki performa Bajul Ijo di paruh kedua?

Aji Santoso ditunjuk sebagai pelatih baru Persebaya pada 31 Oktober 2019 menggantikan Wolfgang Pikal. Aji merupakan pelatih ketiga Persebaya di Liga 1 2019. Sebelumnya ada nama Djajang Nurjaman yang harus kehilangan pekerjaan setelah dipecat pada 11 Agustus lalu.

Datang pada putaran kedua dalam kondisi Persebaya tengah terpuruk setelah tak pernah menang dalam enam laga beruntun, Aji perlahan namun pasti mampu mengurai benang kusut dalam skuad The Green Force.

Berbekal pengalaman panjangnya melatih sejumlah klub Liga Indonesia, Aji mencoba membenahi tim tanpa harus mengubah materi pemain. Dari pengakuannya, Persebaya bisa tampil impresif di paruh dua berkat keberaniannya melakukan rotasi pemain di setiap pertandingan berbeda.

"Mungkin bisa dilihat saat pertama saya masuk sampai saat ini selalu ada rotasi pemain, selalu ada pergantian pemain dan semua pemain yang saya berikan kesempatan mencatatkan pertandingan yang terbaik," kata Aji dikutip dari laman Beritajatim.

Sepanjang paruh kedua, Persebaya mencatatkan hasil cukup bagus tidak terkalahkan dalam 9 pertandingan (7 menang 2 imbang) baik kandang maupun tandang, termasuk di laga penutup mengalahkan Perseru Badak Lampung 2-1.

"Soal resep yang lain saya tidak bisa keluarkan di luar, dan yang jelas di 9 pertandingan, menurut saya cukup luar biasa," ia memungkasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA