PSSI Pastikan Takkan Nunggak Gaji Shin Tae-yong

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Minggu 29 Desember 2019
share
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Cibinong - Shin Tae-yong kabarnya mendapat bayaran tinggi selama melatih Timnas Indonesia. PSSI memastikan sanggup membayar gaji Tae-yong.

Tae-yong dan PSSI telah menandatangani kontrak kerjasama berdurasi empat tahun di VIP Hall Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019) siang. Tae-yong juga sudah diperkenalkan kepada publik sebagai pelatih baru Timnas Indonesia.

PSSI tidak menjelaskan secara rinci nilai gaji Tae-yong. Namun, nilai kontraknya diprediksi berada di angka 1 juta USD (13,94 miliar Rupiah) per tahun. Angka tersebut berdasarkan yang dia terima saat menangani Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018.

Sedangkan untuk gaji, juru taktik 50 tahun mengantongi 500 ribu USD (7 miliar Rupiah) per tahun di tahun 2018. Mengacu pada angka tersebut, bayaran yang diterima Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia berada di kisaran angka 500 ribu (7 miliar Rupiah) sampai 1 juta USD (14 miliar Rupiah) per tahun.

Namun, tak menutup kemungkinan besaran gaji Tae-yong meningkat tergantung kebutuhan serta perbaikan performa Timnas Indonesia yang sudah terlihat selama dipegang mantan pelatih klub Seoungnam Ilhwa itu.

Besaranya nilai kontrak dan gaji yang disepakati dengan Tae-yong mencuatkan kekhawatiran kasus yang pernah terjadi pada Luis Milla terulang. Federsi menunggak gaji pelatih asal Spanyol itu dan tidak membayar sewa tempat tinggal Milla selama di Indonesia.

Merespon kekhawatiran tersebut, Ketum PSSI, Mochammad Iriawan, menegaskan PSSI tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

"Untuk kontrak, kami mampu kontrak yang bersangkutan berapapun harganya," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Selain menangani Timnas Indonesia senior, Tae-yong juga bertugas membantu Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021. Pada ajang Piala Dunia junior tersebut, federasi akan mendapat bantuan pendanaan dari kementerian.

"Alhamdulillah dua butir terkait Menteri BUMN dan Menpora akan mendukung Timnas U-20. Jadi, kegiatan akan didukung oleh dua kementerian tersebut," ia menambahkan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA