Ini Deretan Tugas yang Menanti Shin Tae-yong

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Minggu 29 Desember 2019
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Shin Tae-yong sudah ditunggu sejumlah tugas sebagai pelatih Timnas Indonesia. Apa saja?

PSSI resmi memperkenalkan Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia usai menandatangani kontrak di VIP Hall Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12/2019) siang WIB. Pelatih asal Korea Selatan itu dikontrak jangka panjang hingga 2023.

Walaupun tidak mengungkap detail kontrak juru taktik 50 tahun, federasi membeberkan deretan tugas yang diharapkan bisa direalisasikan dengan baik oleh Tae-yong.

Tugas terdekat adalah menggantikan peran Simon McMenemy di kursi pelatih Timnas Indonesia senior memainkan sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda masih harus memainkan tiga lagi di Grup G yaitu melawan Thailand (26/3/2020), Uni Emirat Arab (31/3/2020) dan Vietnam (4/6/2020).

Sebagai informasi, Indonesia belum meraih satupun poin dari lima pertandingan yang sudah dimainkan. Skuad Garuda saat ini berada di posisi terbawah dengan jumlah kemasukan 13 gol dan cuma bisa memasukkan tiga gol.

"Saya sampaikan tantangan terdekat Shin Tae-yong, yakni bagaimana Timnas kita mencapai yang terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di sisa pertandingan melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab," kata Ketum PSSI, Mochammad Iriawan, dalam konfrensi pers.

"Saya berharap dia bisa maksimal untuk menyampaikan ke publik ada perubahan di Timnas kita," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Setelah merampungkan tugas di Kualifikasi Piala Dunia 2022, mantan pelatih .... sudah dinanti pekerjaan berat lainnya. Ia ditarget bisa membawa Indonesia juara Piala AFF 2020.

"Shin Tae Yong juga menyiapkan Timnas Indonesia di Piala AFF di semester kedua," Iwan melanjutkan.

Selain di timnas senior, Tae-yong juga diminta mempersiapkan skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021. Dia menargetkan Indonesia lolos dari fase grup. Di ajang ini, Indonesia berperan sebagai tuan rumah.

"Jadi, saya minta tolong rakyat Indonesia tetap semangati Timnas agar bisa maju ke depannya. Pada 2021 akan ada Piala Dunia di Indonesia, akan menunjukkan usaha semaksimal mungkin agar bisa lolos dari babak grup U-20 2021," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA