Penyebab Haaland Gagal Gabung ke MU

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 30 Desember 2019
share
(bvb)

INILAHCOM, Dortmund - Erling Braut Haaland resmi bergabung dengan Borussia Dortmund. Sempat dikabarkan tengah didekatiManchester United, Haaland rupanya gagal berseragam Setan Merah disebabkan satu hal.

Haaland merupakan salah satu pemain muda paling bersinar di tahun 2019 menyusul penampilan impresifnya bersama Red Bull Salzburg. Dari 27 penampilan di semua ajang, penyerang 19 tahun sudah mengemas 29 gol, termasuk delapan gol sepanjang fase grup Liga Champions Eropa 2019-2020.

Wajar bila banyak klub besar Eropa tertarik memakai jasanya di paruh kedua, sebut saja Manchester United dan Juventus. United disebut berada di posisi terdepan dalam perburuan tanda tangan topskorer Piala Dunia U-20 2019.

Faktor keberadaan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih MU diyakini bakal mempermudah upaya The Red Devils mendaratkan Haaland di Old Trafford. Solskjaer merupakan mantan pelatih Haaland saat masih bermain di klub Norwegia, Molde.

Namun, hal tersebut terbukti tak jadi jaminan. Haaland justru memilih Borussia Dortmund sebagai pelabuhan kariernya. Die Borussen resmi mengontrak Haaland hingga 2024 mendatang.

"Klub Bundesliga Borussia Dortmund telah merekrut seorang penyerang nomor 9 klasik: Erling Braut Haaland berusia 19 tahun, penyerang muda paling menyita perhatian di Eropa, pindah dari Salzburg untuk bergabung dengan juara Jerman delapan kali," demikian pernyataan resmi Dortmund.

Lalu pertanyaannya, apa penyebab MU tak bisa mendatangkan Haaland? Dikutip dari OneFootball, MU kabarnya turut melibatkan Solskjaer dalam upaya membujuk Haaland, keduanya diklain sudah bertemu.

Namun, United batal merekrut Haaland karena menolak salah satu klausul yang disyaratkan oleh manajemennya. Klausul yang tidak disetujui oleh MU adalah pembagian keuntungan pada agen pemain, Mino Raiola, dan ayah si pemain, Alf-Inge Haaland, jika di masa depan ingin menjual penyerang berkaki kidal itu. Selain itu, MU juga menolak memasukan klausul buy out dalam kontrak Halland.

Dari transfernya ke Dortmund, Raiola mengantongi 15 juta euro (Rp 234 miliar), sementara Alf-Inge dapat 10 juta euro (Rp 156 miliar).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA