Kesempatan Liverpool Hapus Kutukan Natal

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 01 Januari 2020
share
(liverpoolfc)

INILAHCOM, Jakara - Liverpool berada di puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris saat Natal 2019. Situasi serupa pernah mereka alami dalam periode 11 tahun terakhir, sayangnya The Reds tak bisa juara di akhir kompetisi.

Dalam kurun waktu 11 tahun terakhir, ada delapan musim dimana klub yang berada di puncak klasemen saat Natal bisa menyudahi liga dengan raihan titel juara. Tim-tim yang pernah melakukannya adalah Manchester United, Manchester Ciry, dan Leicester City.

Dalam periode yang sama, Liverpool tiga kali memuncaki klasemen saat Natal di musim 2008-09, 2013-14 dan 2018-19. Namun, dari tiga kesempatan tersebut tak sekalipun Si Merah menyudahi musim dengan gelar juara liga.

Tahun 2019 kemarin merupakan kali keempat Liverpool berada di puncak klasemen pada tanggal 25 Desember. Performa mereka di paruh pertama musim 2019-2020 terbilang oke. Setelah meraih trofi Piala Dunia Antarklub 2019, Liverpool memuncaki klasemen dengan keunggulan 13 poin dari Leicester City di posisi dua yang sudah sudah bermain satu pertandingan lebih banyak.

Salah satu momen yang sulit dilupakan fans Liverpool adalah saat The Reds terpleset di pekan-pekan akhir musim 2013-14, salah satunya saat dikalahkan Chelsea 2-0 di An field.

Meskipun banyak yang menjagokan Liverpool bisa mengakhiri penantian gelar juara liga selama 30 tahun pada musim ini, Jurgen Klopp tak mau sesumbar. Menurutnya, persaiangan perbutan gelar juara baru akan selesai pada pekan terakhir.

"Kami berjuang sampai seseorang mengatakan sudah cukup. Ini bukan soal keyakinan. Ini bukan soal mengetahui atau rasa ingin tahu apakah itu sudah tercapai," kata Klopp.

"Itu cuma permainan di media. Bisa Anda bayangkan, media bertanya pada saya apakah sudah pasti Liverpool juara, sementara saya duduk di sini dan mengatakan 'ya, saya pikir sudah selesai'. Itu akan sangat gila. Padahal ini belum selesai," pungkas pelatih asal Jerman.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA