Bulutangkis Indonesia Masters 2020

Greysia/Apriyani Susah Payah Lewati Babak Pertama

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 15 Januari 2020
share
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Greysia Polii/Apriyani Rahayu, harus bersusah payah melewati hadangan Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting di babak pertama Indonesia Masters 2020. Greysia/Apriyani menang 22-24, 21-17 dan 21-15 dalam waktu 1 jam 15 menit.

Bermain di depan publik Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020) petang WIB, Greysia/Apriyani dan Liu/Xia saling susul dalam perolehan poin sejak gim pertama. Di interval, Liu/Xia unggul tipis 11-10.

Setelah itu, kedua pasangan bergantian memimpin perolehan poin. Liu/Xia sempat berada dalam posisi gim poin 20-19 namun dapat disamakan Greysia/Apriyani 20-20. Ganda cina akhirnya menyudahi gim pertama dengan skor 22-24.

Gim kedua, Greysia/Apriyani unggul 11-8 di interval. Selepas interval, pertandingan berjalan ketat. Reli panjang terjadi dalam kedudukan 13-11 yang diakhiri dropshot dari Apriyani untuk menambah keunggulan jadi 14-11.

Permainan agresif Liu/Xia mampu menghasilkan tiga angka beruntun untuk memangkas selisih poin jadi 17-14. Greysia/Apriyani mampu keluar dari tekanan, permainan di depan net beberapa kali sukses menambah poin. Pengembalian kurang sempurna Liu di poin kritis membuahkan kemenangan 21-17 bagi Greysia/Apriyani di gim dua.

Di awal gim tiga, Greysia/Apriyani sempat tertinggal 0-2 sebelum berbalik unggul 5-3. Di interval, pasangan Indonesia unggul empat angka 11-7. Dua kali pengembalian kurang sempurna Xia Yu Ting menjauhkan keunggulan Greysia/Apriyani jadi 17-11.

Kondisi stamina ganda Cina yang menurun dimanfaatkan Greysia/Apriyani dengan melancarkan smash-smash keras yang berujung pengembalian kurang sempurna. Greysia/Apriyani menutup pertandingan dengan skor 21-16.

Apriyani lega bisa berbalik unggul setelah kalah di gim pertama. Dia menyebut dua gim setelahnya Greysia lebih bisa beradaptasi dengan lapangan.

"Alhamdulillah, untuk kemenangan hari ini, sangat disayangkan di set pertama kita kalah," kata Apriyani dalam jumpa pers usai laga.

"Yasudah, namanya juga permainan, di gim pertama masih nyari pola. Kak Gres kan baru main pertama jadi masih nyari adaptasi angin, kalau saya tadi udah main di mix (ganda campuran bersama Tontowi Ahmad)," Apri menambahkan.

Melaju ke babak dua, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan ganda putri Kanada, Rachel Honderich/Kristen Tsai. Untuk gelaran Indonesia Masters 2020 ini, Greysia tak mau sesumbar soal target. Dia lebih ingin menikmati setiap pertandingan menuju Olimpiade 2020

"Ibarat padi, semakin berisi semakin merunduk, kalau saya semakin tua semakin enjoy. Saya ingin menikmati pertandingan, hari ini kalah saya enjoy, besok harus menang," kata Greysia.

"Di usia sekarang, pemikiran semakin bisa menerima dan menikmati setiap perjalanan menuju Olimpiade (2020) sih," ia memungkasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA