Bulutangkis Indonesia Masters 2020

Fajar/Rian Main Tiga Gim Lolos ke Perempatfinal

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Kamis 16 Januari 2020
share
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, harus bermain hingga tiga gim untuk menyudahi perlawanan Xuan Yi Ou/Zhang Nan, di babak dua Indonesia Masters 2020.

Tampil di depan publik Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020) sore WIB, Fajar/Rian melewati gim pertama terbilang mudah. Setelah imbang 6-6, perolehan poin Fajar/Rian sulit terkejar Xuan/Zhang dan menutup gim pertama dengan keunggulan 10-21.

Di gim dua situasinya berbalik, Xuan/Zhang justru nyaman mengumpulkan poin demi poin. Fajar/Rian cuma mampu memberi perlawanan sampai di angka 12, setelah itu perolehan poin mereka terhenti. Xuan/Zhang menangi gim dua 21-12.

Pertandingan berjalan lebih menarik di gim tiga, kedua pasangan saling susul menyusul dalam perolehan poin. Sempat tertinggal 9-11, Fajar/Rian mampu menyamakan angka 11-11 kemudian berbalik unggul 15-14.

Dalam posisi 18-18, kesalahan Zhang dalam mengantisipasi smash keras Rian membuat poin Fajar/Rian unggul 18-19. Unggulan kelima asal Indonesia akhirnya menutup gim tiga dengan skor 19-21.

Rian bersyukur bisa melewati laga sulit tersebut dengan kemenangan. Dia mengakui pasangan Cina permainannya lebih berkembang setelah kalah di gim pertama.

"Yang pertama, syukur Alhamdulillah bisa melaju ke babak selanjutnya. Ou bisa bermain baik, dia bisa men-cover Zhang Nan. Percaya dirinya sangat bagus, tadi kami sangat sulit sekali. Pukulan lob mereka bagus dan sulit mati," kata Rian dalam jumpa pers.

"Di gim kedua kami mendapat kendala dapat lapangan yang kalah angin. Mereka juga mengubah strategi, main depannya lebih baik dan sengaja gak mau angkat bola," Fajar menambahkan.

"Gim ketiga, saya main yakin aja ya meskipun ketinggalan 14-12. Kita main nekat aja, gak harus main seperti apa seperti apa. Main berani aja," lanjut Fajar.

Di babak perempatfinal, Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Dalam dua pertemuan terakhir, Fajar/Rian tak pernah menang dari Kim/Rasmussen.

Namun demikian, Fajar/Rian optimistis bisa menyudahi catatan buruk tersebut besok dengan persiapan yang baik.

"Mengembalikan kondisi fisik dulu, dari kemarin main rubber (set) terus, jaga fokus, istirahat, makan juga (dijaga). Buat besok, kita emang dua kali kalah, tapi kita harus cari cara ngantisipasi permainan kuat dan mereka main lebih sabar," pungkas Rian.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA