Bulutangkis Indonesia Masters 2020

Ke Final, Greysia/Apriyani Tak Mau Terbebani Juara

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Sabtu 18 Januari 2020
share
Greysia Polii/Apriyani Rahayu - (Foto: Inilahcom/Arif BW)

INILAHCOM, Jakarta - Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil Indonesia pertama yang melaju ke final Indonesia Masters 2020. Greysia/Apriyani menang dua gim atas ganda putri Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (18/1/2020) siang WIB, Greysia/Apriyani terus memimpin perolehan poin sejak awal gim pertama. Di interval, Greysia/Apriyani unggul 11-7.

Kim/Yong sempat memangkas selisih poin di angka 20-19. Rally panjang terjadi dalam situasi game point bagi Greysia/Apriyani, pengembalian kurang sempuran Kim membuat pasangan Indonesia menutup gim pertama dengan keunggulan 21-19.

Di awal gim kedua, perolehan poin kedua pasangan terbilang ketat. Sempat imbang 10-10, Greysia/Apriyani mendapat momentum memimpin di angka 13-12. Setelah itu, wakil Indonesia tak terkejar lagi poinnya dan menutup gim kedua dengan poin 21-15.

Lolos ke final, Greysia tak mau tampil anti-klimaks. Namun, ia tak mau terlalu percaya diri bisa meraih gelar juara. Terpenting adalah bisa melanjutkan konsistensi performa di lapangan.

"Puji Tuhan, Alhamdulilah kita bisa melangkah sejauh ini, ke final, dan kita hanya mau nampilin yang terbaik. Tapi, poin di sini adalah kita gak mau kehilangan percaya diri dari mereka (Kim/Yong), karena udah sama-sama level (permainan) keras, kepercyaaan diri harus dijaga, itu yang kita terapkan sih dari kemarin. Besok, kita mau jaga momentum dan hawanya itu," kata Greysia dalam jumpa pers.

Bagi Greysia/Apriyani ini mengulang pencapaian mereka di Indonesia Masters 2018. Saat itu, mereka sampai final namun gagal jadi juara usai dikalahkan oleh Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi, 21-17 dan 21-12.

Di final tahun ini, mereka akan kembali lawan yang sama. Jelang laga pamungkas, Apriyani tak mau terbebani. Fokusnya adalah terlebih dulu memulihkan kondisi fisik kemudian mengulik kekuatan lawan.

"Besok kita final, kalau saya sih lebih cuek ya, karena syaa mau memikrkan perfomance saya di lapangan. Setiap malam (sebelum tanding) saya tidur, main hape, dengerin lagu. Baru besoknya evaluasi dan lihat video, jadi kalau malam kita bener-bener recovery dulu, nyantai, pikirannya dibikin enjoy," pungkas Apriyani.

Di laga pamungkas hari Minggu (19/1/2020) besok, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan ganda putri Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, yang secara mengejutkan mengalahkan ganda putri Jepang unggul keempat, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi, dua gim 20-22 dan 20-22.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA