Bulutangkis Indonesia Masters 2020

Main Taktis Antarkan Anthony Ginting ke Final

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Sabtu 18 Januari 2020
share
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Anthony Ginting mengamankan tempat di final Indonesia 2020. Bermain taktis, Anthony mampu mengalahkan tunggal putra Denmark, Victor Axelsen, dua gim langsung.

Bermain di depan publik Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (18/1/2020) sore WIB, Anthony mendapat perlawanan sengit dari Axelsen sejak poin-poin awal gim pertama. Axelsen sempat unggul 11-9 di interval, namun Anthony mampu bangkit dan berlik unggul 18-17.

Mendekati poin-poin kritis, justru Axelsen yang mampu memaksakan setting dalam kedudukan 20-20. Ketenangan Anthony membuahkan dua poin beruntun untuk menyudahi gim awal dengan keunggulan 20-22.

Di gim dua, kedua pebulutangkis bergantian unggul di poin-poin awal. Situasinya berbeda setelah imbang 8-8, Axelsen berulang kali melakukan error yang menguntungkan Anthony.

Setelah unggul 15-11, Anthony nyaman mengumpulkan poin demi poin akibat kesalahan yang dibuat Axelsen sampai akhirnya menutup gim kedua dengan angka 11-21.

"Yang pertama-tama puji Tuhan bisa main baik hari ini, bisa menyelesaikan sain match tanpa cedera. Yang pasti seneng sih bukan cuma masuk final, senengnya bisa main bagus, puas juga perfroma hari ini, bisa ngatasin musuh dengan baik juga," kata Anthony dalam jumpa pers usai laga.

Anthony menyebut kunci kemenangannya hari ini adalah kejeliannya mengukur kemampuan lawan, selain itu ia juga diuntungkan dengan performa kurang bagus Axelsen terutama di gim kedua.

"Di set pertama, kondisi poinnya juga ketat dari awal sampe akhir, yang beda dari set pertama dan kedua itu dia banyak ngelakuin kesalahan sendiri di set kedua. Dia gampang mati sendiri, beberapa poin (dapat dari) out lah, nyangkut lah."

"Tadi saya mau gak mau banyak turunin bola, saya gak mau angkat bola karena dia punya keunggulan tinggi. Gak ngasih ke bola-bola yang jadi keistimewaan dia aja sih," pemain 23 tahun menambahkan.

Melaju ke final, Anthony berpeluang mengulang sukses di Indonesia Masters 2018, saat itu ia keluar sebagai juara. Untuk laga final besok, pebulutangkis asal Jawa Barat itu siap menghadapi siapapun lawannya. Dia pun tak mau terbebani keharusan mengulang sukses dua tahun lalu.

"Yah jujur sih gak mau mikirin ke situ (juara), pasti orang-orang mikir udah final tanggung yah satu match lagi, tapi saya gak mau kebebani juga final harus juara."

"Mau ketemu siapapun juga saya siap, nanti dibicrakan lagi sama pelatih untuk strategi pertandingan besok. Saya kan juga pernah bertemu sama keduanya, jadi udah tau sih gaya mainnya kayak apa," ia memungkasi.

Di final yang akan berlangsung hari Minggu (19/1/2020) besok, Anthony akan berhadapan dengan pemenang antara Anders Antonsen versus tunggal putra Hongkong, Lee Cheuk Yiu, malam ini.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA