Bulutangkis Indonesia Masters 2020

Berkat Start Bagus Kevin/Marcus ke Final

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Sabtu 18 Januari 2020
share
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi wakil tuan rumah terakhir yang lolos ke final Indonesia Masters 2020. Di final, Kevin/Marcus kembali jumpa seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Kevin/Marcus jumpa ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di semifinal yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (18/1/2020) malam WIB. Di awal gim pertama, perolehan poin Minions terus ditempel ketat Chia/Soh sampai 6-6.

Setelah meraih lima poin beruntun untuk unggul 11-6 di interval, Kevin/Marcus sempat menjauh 18-13. Mendekati poin akhir, wakil Malaysia mampu mendekat di angka 20-19. Namun, Kevin/Marcus kembali melaju dan menyudahi gim awal dengan keunggulan 21-19.

Di gim dua, pasangan Malaysia terlebih dulu mengungguli Kevin/Marcus di angka 11-6. Minions mampu bangkit dan dua kali menyamakan kedudukan saat mendekati poin akhir di angka 18-18.

Kesalahan yang dibuat Aaron Chia saat mengembalikan smash keras Kevin memuluskan langkah Minions menutup gim kedua dengan keunggulan 21-19.

Bagi Kevin/Marcus kemenangan ini memperpanjang catatan head-to-head melawan wakil Malaysia tersebut menjadi 4-0. Sebelumnya di Malaysia Masters 2020, Kevin/Marcus mengalahkan Chia/Soh 22-24, 21-10, dan 21-13.

Berkaca dari pertemuan sebelumnya, Kevin mengaku sudah paham cara main lawannya dan tahu apa yang harus dilakukan sejak awal gim.

"Kan kita sudah sering ketemu, terakhir ketemu di Malaysia (Masters 2020) kemarin. Kita udah tahu lah satu sama lain, kita fokus dari start awal sih," ungkap Kevin usai laga.

"Pasti kita hari ini lebih siap dari kemarin, dari awal kita sudah dapat ritme main. Jadinya, kita bisa unggul jauh di awal," Marcus menimpali.

Di final, Kevin/Marcus akan kembali berhadapan dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ini mengulangi final Indonesia Masters 2019 yang dimenangi Minions dengan skor 21-17 dan 21-11.

Kevin mengaku tak punya persiapan khusus mengahdapi seniornya itu. Hanya saja, mereka harus bisa menjaga fokus menghadapi pemain berpengalaman seperti Ahsan/Hendra.

"Gak ada persiapan khusus buat besok, yang penting lakuin terbaik aja buat besok, fokus, dan mempersiapkan diri sebaik mungkin."

"Ya mereka (Ahsan/Hendra) punya banyak kelebihan, mereka punya pengalaman yang sangat baik dan kita pasti udah hafal satu sama lain. Yang pasti kita harus fokus gak boleh lengah," pungkas Kevin.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA