Liverpool Bungkam Man United 2-0

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 20 Januari 2020
share
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Merseyside - Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas Manchester United pada pertandingan pekan ke-23 Liga Premier Inggris 2019-2020. Hasil ini semakin menjauhkan selisih poin Liverpool dari pesaing terdekatnya.

Liverpool menjamu MU di Anfield, Minggu (20/1/2020) malam WIB. United memulai babak pertama dengan serangan cepat, tusukkan Aaron Wan-Bissaka dan Daniel James masih belum membuahkan hasil.

Liverpool merespon ancaman United di menit ketujuh. Menyambut bola sepakan bebas Trent Alexander-Arnold, tandukan Sadio Mane masih menyamping dari sisi gawang David De Gea.

Publik tuan rumah bergemuruh menyambut gol Virgil van Dijk di menit ke-14. Berawal dari sepak pojok Alexander-Arnold, Van Dijk membelokkan bola dengan sundulan kepala yang bersarang di gawang Setan Merah.

Tiga menit berselang, Van Dijk kembali mengancam gawang tim tamu, kali ini sontekan bek asal Belanda meneruskan set piece Alexander-Arnold masih bisa dihalau barisan belakang United.

Liverpool sempat mencetak gol kedua di menit ke-24 lewat sepakan Roberto Firmino. Namun, wasit menganulir gol setelah melihat tayangan VAR terjadi pelanggaran pada De Gea dalam proses terjadinya gol.

Pada menit ke-35, wasit kembali menganulir gol Liverpool yang dicetak Alex Oxlade-Chamberlain. VAR memperlihatkan Chamberlain sudah terperangkap offside terlebih dulu.

The Red Devils bukan tanpa peluang, lima menit akhir babak pertama mereka mendapat dua kesempatan. Menit ke-40 sontekan Andreas Perreira masih menyamping dari gawang Liverpool. Tiga menit berselang upaya Perreira masih bisa diamankan Alisson. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di menit awal babak kedua, Liverpool langsung tancap gas. Dalam kurun waktu dua menit The Reds mendapat dua peluang bagus mencetak gol. Pertama sontekan Mohamed Salah yang melenceng tipis dari gawang MU di menit ke-47. Kemudian sepakan Chamberlain pada menit ke-49 membentur tiang gawang.

United mencoba keluar dari tekanan tuan rumah, ancaman Anthony Martial pada menit ke-59 dari jarak dekat masih menyamping dari gawang Liverpool. Begitu juga upayanya di menit ke-67 yang bisa diselamatkan Alisson.

Mendekati akhir laga, Liverpool memasukkan Fabinho dan Divock Origi untuk menyegarkan lini depan. Memasuki masa injury, Salah menggadakan keunggulan Liverpool. Berawal dari tendangan jauh Alisson, bola mampu dikejar Salah di sisi kanan pertahanan lawan. Dengan sodoran kaki kiri, pemain asal Mesir mengirim bola ke dalam gawang De Gea.

Skor 2-0 menutup pertandingan. Dengan hasil ini Liverpool semakin nyaman di puncak klasemen mengumpulkan 64 poin dari 22 laga, mereka unggula 16 poin dari Manchester City di peringkat dua.

Sedangkan MU masih tertahan di peringkat lima dengan mengemas 34 poin, berjarak 30 poin dari Liverpool.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold; Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (Adam Lallana 66'), Jordan Henderson, Georgino Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi 82'), Sadio Mane (Fabinho 82').

Man United: David De Gea; Brandon Williams (Mason Greenwood 75'), Harry Maguire, Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka; Nemenja Matic, Fred; Luke Shaw, Andreas Pereira (Juan Mata 75'), Daniel James; Anthony Martial

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA