Tolak Latih Barca, Xavi Buat Sejarah di Qatar

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 20 Januari 2020
share
(marca)

INILAHCOM, Doha - Mantan pemain Barcelona yang kini menjadi pelatih, Xavi Hernandez, baru saja mengukir sejarah baru usai mengantarkan timnya, Al Sadd, menjuarai Piala Qatar 2020.

Pada laga final yang berlangsung hari Minggu (19/1/2020) malam waktu setempat, Al-Sadd menang telak 4-0 atas Al-Duhail SC. Bagi Al-Sadd ini merupakan gelar ketujuh yang menjadikan mereka klub tersukses di ajang Piala Qatar.

Bagi Xavi, keberhasilan tersebut terasa spesial. Sebelumnya, ia juga pernah menjuarai Piala Qatar saat masih berstatus sebagai pemain Al-Sadd di tahun 2017. Pria 39 tahun kini tercatat dalam sejarah sebagai orang pertama yang pernah menjuarai Piala Qatar sebagai pemain dan pelatih.

Menariknya, kesuksesan Xavi mengantarkan Al-Sadd juara Piala Qatar terjadi beberapa hari setelah dirinya menolak tawaran Barcelona untuk menggantikan Ernesto Valverde di kursi pelatih.

Alasan Xavi menolak menangani klub yang membersarkan namanya itu karena menganggap keputusan manajemen Los Blaugrana memecat Valverde sangat tidak etis.

Xavi masih berpeluang meraih gelar juara Liga Qatar bersama Al-Sadd musim ini. Di klasemen sementara Al-Sadd berada di urutan tiga dengan mengemas 21 poin dari 12 laga, mereka berjarak sembilan poin dari Al-Duhail SC di posisi teratas.

Sumber: Marca

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA