Laporan INILAHCOM dari Italia

Pelatih Garuda Select Bukan Cari Kelemahan Pemain

RA
Oleh Reza Adi Surya
Selasa 21 Januari 2020
share
(inilahcom/Reza Adi Surya)

INILAHCOM, Como - Pelatih Garuda Select, Des Walker mengatakan, fokusnya bukan untuk membicarakan kekurangan atau kelemahan pemain. Tugas utamanya adalah, meningkatkan kemampuan semua penggawa tim.

Garuda Select angkatan kedua sudah berlatih selama empat bulan di Eropa. Pada Oktober hingga Desember, Brylian Aldama dkk. digembleng di Birmingham, Inggris. Kini, untuk pertama kalinya Garuda Select berlatih di luar Inggris, tepat di Como, Italia.

Bersama dengan Dennis Wise, Walker berusaha meningkatkan kemampuan para pemain Garuda Select. Walker menekankan, fokusnya bukan membicarakan kekurangan atau kelemahan pemamin.

"Ini bukan soal kelemahan, karena ada sesuatu yang bisa dipelajari. Semua pemain ada di sini untuk menjadi lebih baik dan belajar. Bek menjadi lebih baik, gelandang menjadi lebih baik, lebih fit, dan lebih cerdas," ujar Des Walker, kepada jurnalis Indonesia, termasuk INILAHCOM.

"Jadi, bukan soal masalah kelemahan dalam tim, karena tugas kami saat ini bukan untuk memenangkan Piala Dunia. Tugas kami membuat para pemain mengalami peningkatan, lebih baik, lebih kuat, dan lebih memahami sepak bola," tambahnya.

"Ada pemain yang cepat paham dan ada yang membutuhkan waktu. Ini hal yang wajar, ini adalah sepak bola dunia. Murid di semua bidang di seluruh dunia pasti mengalami perkembangan yang berbeda. Saya pikir semua pemain mengalami peningkatan dan itu yang paling penting. Beberapa pemain yang mengalami peningkatan pesat akan terus dipantau," katanya.

Walker menambahkan, salah satu kunci dalam sepak bola adalah menyembunyikan kelamahan dan berusaha memanfaatkan kelebihan yang ada dalam diri sendiri.

"Trik dalam sepak bola adalah, sembunyikan kelemahan Anda sehingga tak ada lawan yang tahu. Sebagai pesepakbola profesional, lawan pasti mencari kelemahan Anda dan mengeksploitasinya," ungkapnya.

"Jadi, Anda harus mengetahui kekuatan diri sendiri, belajar mengetahui kelemahan lawan, dan bagaimana cara menghadapi kelemahan Anda. Ini semua sedang mereka pelajari dan butuh waktu karena tak bisa dilakukan dalam satu malam saja," tutup legenda Inggris tersebut.

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di https://mola.tv/categories/gs-cat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA