Laporan INILAHCOM dari Italia

Perkembangan Pemain Tak Bisa Dinilai Lewat Angka

RA
Oleh Reza Adi Surya
Selasa 21 Januari 2020
share
Pelatih Garuda Select, Des Walker - (inilahcom/Reza Adi Surya)

INILAHCOM, Como - Pelatih Garuda Select, Des Walker tak bisa memberikan nilai 1-10 terkait perkembangan anak asuhnya selama empat bulan berlatih di Eropa. Menurut dia, perkembangan para pemain meningkat secara progresif.

Saat ini Edgard Amping dkk. tengah berlatih di Como, Italia. Mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi Inter Milan U-17, Rabu (22/1/2020). SAtu bulan di Negeri Pizza, mereka sudah melakoni dua laga, yakni melawan Torino (3-0) dan Juventus (1-2).

Sebelumnya, Garuda Select sudah berlatih di Birmingham, Inggris, sejak Oktober lalu. Walker mengatakan, kemajuan anak asuhnya selama empat bulan berlatih sangat baik. Hanya saja, dia tak bisa memberikan penilaian 1-10 terkait perkembangan para pemain.

"Sejauh ini kemampuan mereka meningkat 40 persen. Jadi, sulit jika harus memberikan nilai 1-10 terkait perkembangan mereka, karena mereka adalah pemain muda dan belum bisa konsisten seperti pemain berusia 24 tahun," kata Walker, kepada jurnalis Indonesia, termasuk INILAHCOM.

"Para pemain masih belajar. Kami ingin mereka membuat kesalahan, karena mereka bisa belajar dari kesalahan. Jadi ini bukan soal kelemahan, karena semua pesepakbola punya kelemahan," tambahnya.

Di usia rata-rata di bawah 17 tahun, para pemain Garuda Select harus memikirkan lebih banyak soal pertandingan dibandingkan sebelumnya. Walker ingin para pemain menganalisis penampilannya di setiap pertandingan.

"Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, mereka harus memikirkan lebih banyak soal pertandinga dibandingkan sebelumnya. Biasanya pemain berusia 16 atau 17 tahun tak mau memikirkan apa-apa. Jadi, kami membuat mereka berpikir, kami membuat mereka menganalisis penampilan mereka," ujarnya.

"Kami punya video dan mereka harus menontonnya. Kami memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan melalui video tersebut. Jadi, saya tak bisa memberikan penilaian 1-10, karena semuanya profresif. Peningkatannya sedikit demi sedikit. Sulit untuk memberikan penilaian secara keseluruhan," pungkas Walker.

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di https://mola.tv/categories/gs-cat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA