Kejuaraan Panahan NFBS 2020 Digelar di Lembang

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 25 Januari 2020
share
(Foto: Dok)

INILAHCOM, Jakarta - Kejuaraan Panahan bertajuk Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Lembang Pro Archery Championship 202 resmi dibuka.

Pembukaan berlangsung di Lapangan Panahan SMP dan SMA NFBS Lembang, Desa Cibodas, Kabupaten Bandung, Jumat (24/1/2020) kemarin, sebanyak 900 peserta ambil bagian.

Ajang perdana yang bakal berlangsung hingga 2 Februari tersebut, mempertandingkan 10 kategori. Masing-masing, yakni Wooden Bow U-9, Fita Recurve U-12, Fita Recurve U-16, Fita Compound U-16, Fita Recurve Adult, Fita Compound Adult, Wooden Wood Adult, Barebow 20 (meter), Barebow 50 (M) serta Horsebow Festival.

"Kami sangat bersyukur karena animo peserta ternyata sangat tinggi. Padahal target kami hanya 800-an peserta dan hanya se-Jawa Barat (Jabar)," terang Ridwan Hakim, SC (steering committee/panitia pengarah) NFBS Lembang Pro Archery Championship 2020 sekaligus Direktur Pengembangan Sarana dan Prasarana NFBS Lembang.

Ridwan mengatakan peserta kejuaraan ini bukan cuma berasal dari Jawa Barat, tetapi juga ada yang datang dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Lombok, bahkan ada peserta peserta luar negeri berasal dari Malaysia, Singapura dan Filipina.

"Mayoritas mereka pelajar. Itu karena kami juga aktif mengikuti ajang-ajang serupa di luar sehingga begitu kami yang mengadakan, banyak yang ingin ikut serta sebagai solidaritas dan mengejar prestasi," ia menambahkan.

Di kesempatan yang sama, Direktur Akademi NFBS Lembang, Muhammad Damiri, mengatakan alasan digelarnya ajang tersebut. Pertama, sebagai sarana untuk mendorong semangat siswa/santri untuk menekuni dan berprestasi dengan memanah.

Ia berharap lomba panahan ini juga bisa menarik minat generasi muda di daerah sekitar untuk menjadi atlet panahan sehingga bermunculan bibit-bibit atlet berprestasi.

"Karena untuk masuk ke perguruan tinggi juga ada jalur prestasinya. Kalau mereka berprestasi di tingkat nasional, semisal antarpelajar, Pekan Olahraga Daerah (Porda), Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, Asian Games atau pun dunia, tentu menjadi keuntungan tersendiri," ungkap Damiri.

Selain memanah, para siswa di NFBS Lembang juga diajarkan berenang, berkuda, sepak bola, basket, skate board, tenis meja hingga futsal.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA