Barcelona Takluk 0-2 dari Valencia

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Minggu 26 Januari 2020
share
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Valencia - Barcelona menelan kekalahan 0-2 dari Valencia pada pertandingan pekan ke-21 LaLiga Spanyol 2019-2020. Ini merupakan kekalahan perdana Barca bersama Quique Setien.

Valencia menjamu Barcelona di Estadio Mestalla, Sabtu (25/1/2020) malam WIB. Tuan rumah langsung bermain agresif sejak babak pertama dimulai. Pada menit kesepuluh, Valencia mendapat tendangan penalti setelah Gerard Pique menjatuhkan Jose Gaya di area terlarang.

Sayang, Maxi Gomez yang maju sebagai eksekutor gagal mencetak gol setelah bola sepakannya dibaca dengan baik oleh kiper Marc-Andre Ter Stegen. Skor masih imbang 0-0.

Gawang Barca hampir kemasukan gol pada menit ke-19, bola yang dihadang Sergi Roberto membentur kaki Pique dan mengarah ke gawang, beruntung Ter Stegen sigap menghalau bola.

Ter Stegen lagi-lagi jadi penyelamat gawang Barca, dia melakukan dua penyelamatan beruntun. Pertama dia memblok sepakan Gomez yang membuat bola membentur tiang gawang. Kedua kiper asal Jerman memblok sepakan Francis Coquelin dari luar kotak penalti.

Barca bukan tanpa peluang setelah itu, sepakan bebas Messi berhasil melewati pagar betis tetapi si kulit bundar berhasil diamankan oleh kiper Jaume Domenech. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan tiga menit, Valencia membobol gawang Barcelona. Gomez melepaskan tembakan dari sisi kanan kotak penalti. Bola membentur Jordi Alba dan tak bisa diantisipasi oleh Ter Stegen.

Messi nyaris saja mendapat kesempatan bagus untuk mencetak gol setelah mendapat bola dari Alba. Namun Gabriel Paulista memblok upaya Messi. Tekanan Barca tak sampai di situ, percobaan Griezmann dari situasi sepakan bebas masih melebar dari gawang.

Terus menyerang, gawang Barca malah kemasukan gol kedua pada menit ke-77. Serangan balik cepat Valencia diakhiri Torres dengan umpan silang ke tengah kotak penalti Barca, di situ ada Gomez yang dengan mudah menaklukkan Ter Stegen dari jarak dekat. Skor 0-2 bagi Valencia.

Valencia sempat bikin gol ketiga pada menit ke-82. Gabriel menjebol gawang Barcelona lewat tendangan voli meneruskan tendangan sudut dari Soler. Namun wasit menganulir gol tersebut karena menilai ada pelanggaran kepada Busquets.

Di sisa menit yang ada, Barca gagal mencetak gol penyeimbang. Skor 0-2 bagi keunggulan Valencia tak berubah. Kekalahan ini belum mengubah posisi Barca di puncak klasemen sementara LaLiga dengan 43 poin, namun mereka terancam digeser Real Madrid yang punya poin sama dan baru akan bertanding melawan Real Valladolid, Senin (27/1/2020) dini hari WIB.

Sementara itu, tambahan tiga poin dari laga ini mengangkat Valencia ke peringkat kelima. Los Che naik satu tingkat dengan 34 poin dari 21 laga.

Susunan Pemain

Valencia: Domenech; Wass, Garay, Paulista, Gaya; Torres, Coquelin, Kondogbia, Soler (Sobrino 89'); Gameiro (Moreno 59'), Gomez (Costa 80')

Barcelona: Ter Stegen; Jordi Alba, Umtiti, Pique, Sergi Roberto; De Jong (Rakitic 85'), Busquets, Arthur (Vidal 56'); Ansu Fati (Collado 85'), Griezmann, Messi

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA