Dikalahkan Valencia, Setien: Barca Bermain Buruk

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Minggu 26 Januari 2020
share
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Valencia - Barcelona menelan kekalahan dari Valencia pada pertandingan LaLiga 2019-2020. Quique Setien mengaku Barca bermain buruk dan belum sepenuhnya memahami konsep permainannya.

Bertamu ke kandang Valencia, Estadio Mestalla, Sabtu (25/1/2020) dini hari WIB, pada pekan ke-21 LaLiga Barca takluk 0-2 dari El Che. Statistik mencatat Los Blaugrana unggul penguasaan bola 73,6 persen berbanding 26,4 persen yang dilakukan tuan rumah.

Lebih banyak melepaskan shots (14) dengan lima diantaranya on target, Barca justru tak mampu mencetak gol. Sebaliknya, Valencia bermain lebih efisien. Dari delapan percobaan, enam diantaranya tepat ke gawang dan berbuah dua gol.

Barca kebobolan di awal babak pertama, sepakan pemain Valencia di area penalti mengenai kaki Jordi Alba dan berbelok ke gawang El Barca. Gawang Marc-Andre Ter Stegen kemasukan gol kedua dari sepakan Maxi Gomez memaksimalkan serangan balik.

Usai pertandingan, Setien tak bisa menutupi perasaan kecewanya. Ia menyebut Barca tampil buruk terutama di babak pertama. Meskipun membaik di babak kedua, Barca tetap tak bisa menghindari kekalahan.

"Jujur kami bermain sangat buruk di babak pertama dan kami lambat menutup, membiarkan Valencia menyerang balik setidaknya empat atau lima kesempatan," kata Setien.

"Ada banyak yang bisa dipelajari dari 45 menit pertama dan ada yang belum sepenuhnya kami pahami. Mungkin kami belum menyampaikan konsep sejelas mungkin atau hal-hal harus dipahami dengan cara berbeda."

"Kami tampil lebih bagus di babak kedua tapi tidak bisa mencetak gol. Valencia mungkin lebih pantas dapat lebih di babak pertama dan kami benar-benar buruk," ia meneruskan.

Kekalahan ini belum mengubah posisi Barca di puncak klasemen sementara LaLiga dengan 43 poin, namun mereka terancam digeser Real Madrid yang punya poin sama dan baru akan bertanding melawan Real Valladolid, Senin (27/1/2020) dini hari WIB.

Sementara itu, tambahan tiga poin dari laga ini mengangkat Valencia ke peringkat kelima. Los Che naik satu tingkat dengan 34 poin dari 21 laga.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA