Akhirnya Timnas U-19 Raih Kemenangan

RA
Oleh Reza Adi Surya
Kamis 30 Januari 2020
share
(Foto: PSSI)

INILAHCOM, Chiang Mai - Timnas Indonesia U-19 akhirnya meraih kemenangan pertama dalam pertandingan ujicoba di Thailand. Mereka menundukkan klub Kyung Hee University dengan skor 2-1, Rabu (28/1/2020). Dua gol dicetak oleh Rizky Ridho Ramadhani dan Komang Teguh Trisnanda.

Ini adalah latih tanding mereka yang kelima, sekaligus kemenangan pertama tim. Sebelumnya, mereka beberapa kali melakukan latih tanding bersama tim-tim elit dari Korea Selatan, yang bermain di K-League 1.

Begitu juga saat melawan Busan IPark yang tahun ini baru saja promosi ke K-League 1. Timnas U-19 bisa membuat satu gol, tapi tetap kalah 1-5. Kemudian, kemarin, mereka bermain lagi dengan Seongnam FC kalah dengan skor 1-4 dimana satu gol dicetak oleh Irfan Jauhari.

"Kemenangan ini menjadi modal positif bagi pemain, mereka bermain bagus sekali hari ini, kepercayaan diri mereka semakin bertambah, setiap hari mereka selalu menunjukkan semangatnya dalam berlatih. Pemain pasti mengalami perkembangan tapi memang tidak bisa cepat, tidak langsung datang yang tiba-tiba fisik pemain langsung bagus. Harus melalui proses dan ini yang sedang dijalani pemain," kata manajer pelateih, Shin Tae-yong, di laman resmi PSSI.

"Yang paling terlihat perubahannya adalah para pemain punya mental bagus untuk melawan rasa kelelahan mereka setelah menjalani latihan fisik yang panjang. Mereka juga mulai berani untuk melakukan kontak fisik dengan pemain yang senior dan level pun di atas mereka," tambahnya.

Terkait hasil pertandingan, Shin Tae-yong tidak menjadikan hal tersebut sebagai prioritas. Menurut dia, yang terpenting para pemain mengalami peningkatan.

"Sekali lagi, saya tidak melihat hasil, melainkan perkembangan pemain setiap harinya dalam menyerap latihan yang diberikan, terutama progres fisik pemain. Bukan tentang hasil dan taktik. Yang pasti, hari ini, mereka sudah mengerti apa yang saya instruksikan dan inginkan. Jarak antar pemain sudah tidak terlalu jauh, saat transisi dari menyerang ke bertahan, mereka pun langsung bergerak cepat," ungkapnya.

"Masalah besarnya, saat bertahan. Posisi bertahan para pemain seharusnya di antara gawang, bola dan lawan dan harus bisa terus melihat posisi lawan. Tetapi makin bagus, kali ini di pertandingan ini, pertahanan mereka membaik. Untuk fisik juga semakin membaik dan sudah mulai bisa cetak gol juga," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA