Liverpool Disarankan Jual Mo Salah

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 05 Februari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Liverpool - Liverpool dinilai tidak akan berkurang kekuatan lini depannya jika menjual Mohamed Salah. Peran Roberto Firmino dan Sadio Mane disebut menjadi dua sosok penting di balik kegemilangan Salah.

Sejak bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada 2017, Salah perlahan namun pasti menjelma jadi mesin gol Si Merah. Dari 137 penampilan di semua ajang, penyerang asal Mesir sudah mencetak 89 gol.

Dia juga berhasil mempersembahkan tiga trofi prestisius yakni Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa serta Piala Dunia Antarklub. Musim ini, Salah yang sudah mengemas 14 gol berpeluang besar menghadirkan gelar juara Liga Premier Inggris yang terakhir kali diraih Liverpool 30 tahun lalu.

Meskipun Salah punya peran vital dalam tim, bukan berarti dia tanpa cela. Banyak yang mengkritiknya sebagai pemain egois. Bahkan, ada yang menuding performa apik Salah tak lepas dari kehadiran dua rekannya di lini depan, Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Mantan pemain timnas Inggris, Darren Bent, menyarankan Liverpool menjual Salah dan menggantinya dengan pemain yang lebih muda. Ia melihat Si Merah tetap kuat meski tanpa Salah.

"Kami tahu dia mencetak banyak gol dan dia bermain oke. Dua sepatu emas, Player of the Year, juara Liga Champions, calon juara Liga Inggris, semua gelar dia dapatkan," kata Bent.

"Namun jika Anda melihat permainannya dan membandingkannya dengan seseorang seperti Mane, saya harus katakan kalau Mane lebih baik darinya."

"Salah mungkin mencetak gol lebih banyak dari Mane, tetapi melihat etos kerja Mane utuk tim dia tidak egois, selalu mendahulukan yang lain, serta dia mendapatkan pembagian gol yang adil. Anda tidak bisa menjual Mane, dia sangat penting.

"Sedangkan Firmino, kita tahu dia tidak membuat banyak gol, tetapi dia menyatukan dan menghubungkan segalanya. Ia memiliki kemampuan membangun permainan terbaik di liga."

"Ini bukan soal menjual dia (Mo Salah) dan lalu mendapatkan 100 juta Pouds. Namun jika Anda menggantinya dengan (Kylian) Mbappe atau seseorang seperti (Jadon) Sancho, saya rasa ini layak dipertimbangkan," ia memungkasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA