Copa del Rey yang Selalu Sulit Buat Zidane

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Sabtu 08 Februari 2020
share
(marca)

INILAHCOM, Madrid - Zinedine Zidane dipastikan kembali gagal mengantarkan Real Madrid meraih trofi Copa del Rey musim ini. Ajang ini menjadi satu-satunya yang belum pernah dimenangkan Zidane bersama El Real.

Madrid harus terhenti langkahnya di babak perempatfinal Copa del Rey setelah menelan kekalahan 3-4 dari Real Sociedad di Santiago Bernabeu, Jumat (7/2/2020) dini hari kemarin. Kekalahan tersebut juga mengakhiri catatan 21 laga tanpa kalah Los Blancos di semua ajang musim ini.

Kegagalan musim ini berarti Madrid memperpanjang puasa gelar Copa del Rey yang terakhir kali mereka raih pada 2014 lalu. Padahal, prestasi Madrid terbilang cukup bagus, khususnya dalam empat musim terakhir di bawah asuhan Zidane.

Sejak dipercaya menggantikan Rafael Benitez pada Januari 2016, Zidane mampu menghadirkan sejumlah gelar prestisius baik domestik maupun internasional, mulai dari LaLiga, Piala Super Spanyol, Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa serta Piala Dunia Antarklub.

Namun demikian, ada satu trofi yang belum pernah diraih pelatih asal Prancis itu bersama Los Blancos setidaknya sampai musim ini yakni Copa Del Rey.

Di musim perdana menangani Madrid, Zidane tak sempat mendampingi Madrid di Copa del Rey 2015-16, sebelum ia bergabung Madrid sudah terlebih dulu dinyatakan diskualifikasi karena memainkan pemain yang sedang menjalani masa hukuman.

Barulah di musim 2016-17, Zidane pertama kali merasakan persaingan Copa del Rey. Saat itu, El Real cuma bisa sampai perempatfinal usai dikalahkan Celta Vigo dengan agregat 3-4, skor yang sama saat Madrid disingkirkan Real Sociedad musim ini.

Semusim berselang, Madrid lagi-lagi tersingkir di perempatfinal. Kali ini giliran Leganes yang menghetikan laju Sergio Ramos dkk dengan keunggulan gol kandang setelah agregat imbang 2-2.

Berbeda dari dua musim sebelumnya, Madrid mampu melangkah sedikit lebih jauh ke semifinal Copa del Rey 2018-19. Di babak empat besar, Los Blancos harus mengakui keunggulan rival abadinya, Barcelona, dengan keunggulan agregat 1-4.

Gagal di Copa del Rey musim ini, Zidane dan Real Madrid masih punya dua kesempatan lainnya di ajang LaLiga dan Liga Champions Eropa. Di liga, mereka tengah memimpin klasemen sementara dengan nilai 49 dari 22 laga, unggul tiga poin dari Barcelona di peringkat dua.

Sementara di Liga Champions Eropa, El Real lolos ke 16 besar dan akan berhadapan dengan Manchester City.

Sumber: Marca

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA