Badminton Asia Team Championship (BATC) 2020

Cina dan Hong Kong Dipastikan Absen di BATC 2020

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Senin 10 Februari 2020
share
(twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas bulu tangkis Cina dan Hong Kong dipastikan absen di turnamen Badminton Asia Team Championship 2020. Apa penyebabnya?

Kabar tersebut diketahui publik dari postingan akun @badmintontalk, Senin (10/2/2020) pagi tadi. Tim Cina dan Hong Kong terpaksa mundur dari ajang Badminton Asia Team Championship (BATC) 2020 disebabkan tuan rumah Filipina tidak mengeluarkan visa bagi kedua negara itu.


Pemerintah Filipina mengeluarkan kebijakan ketat terkait merebaknya virus Corona di wilayah Asia. Imigrasi Filipina memberlakukan larangan masuk bagi turis yang berasal dari Cina dan Hong Kong. Tidak ada dispensasi khusus untuk atlet kedua negara.

Memahami situasinya, Tim Cina dan Hong Kong memutuskan menarik diri dari ajang yang merupakan Kualifikasi Piala Thomas-Uber 2020 Wilayah Asia tersebut.

Sebelumnya, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengeluarkan pernyataan resmi bahwa atlet dari Cina boleh mengikuti turnamen dan percaya tuan rumah akan memberikan bantuan penuh dan memperlakukan semua atlet dari semua anggota federasi secara adil.

Namun, pernyataan BWF tak mampu mengubah kebijakan yang sudah ditetapkan Pemerintah Filipina, sehingga turnamen tersebut harus tetap berjalan tanpa Cina dan Hong Kong.

Kejuaraan Badminton Asia Team Championship 2020 akan berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, pada 11-16 Februari.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA