Mantan Kapten Madrid: Ramos Bukan Bek Normal

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Selasa 11 Februari 2020
share
Sergio Ramos - (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Madrid - Berposisi sebagai bek, Sergio Ramos bukan cuma piawai menghadang laju serangan tim lawan, dia juga sudah mencetak hampir 100 gol. Catatan tersebut membuat Ramos dianggap sebagai pemain bertahan yang tidak normal.

Ramos ikut menyumbang gol saat Real Madrid menang 4-1 atas Osasuna pada lanjutan pertandingan LaLiga Spanyol, Minggu (9/2/2020) malam WIB. Gol sundulan Ramos pada laga tersebut membuat Madrid berbalik unggul atas lawannya.

Gol tersebut jadi koleksi keenam bek 33 tahun di musim 2019-2020, atau secara keseluruhan dia sudah mengemas 90 gol bersama Real Madrid. Sejak bergabung dengan Madrid pada 2005, Ramos tak pernah absen mencetak gol di setiap musim. Jika ditambah catatan golnya bersama timnas, berarti dia sudah mengemas 114 gol.

Catatan tersebut menjadi bukti kontribusi besar seorang Ramos bukan cuma mengamankan sektor pertahanan, tetapi juga membantu mencetak gol. Sampai-sampai legenda Real Madrid, Fernando Hiero, menyebut Ramos sebagai pemain bertahan tak normal, sebagai bentuk kekaguman dan apresiasinya.

"Apa yang dilakukan Sergio (Ramos) itu tidak normal," kata Hierro.

"Dia menggeser (Ronald) Koeman dan saya, dan kami berdua kadang bermain sebagai gelandang. Untuk seorang pemain di posisinya dan mencetak banyak gol itu luar biasa," ia menambahkan.

Ramos memang bukan satu-satunya bek yang terbilang rajin mencetak gol, di Barcelona ada nama Gerard Pique yang juga kadang mencetak gol-gol penting bagi klubnya. Sejauh ini, bek 33 tahun itu sudah mengemas 47 gol dari 526 penampilan sejak menjalani debut di tim senior Barca pada 2008.

"(Gerard) Pique biasanya juga mencetak gol, tapi tidak seperti Sergio. Dia melakukannya untuk Madrid dan Spanyol secara teratur," pungkas Hierro.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA