Klinsmann Mundur Usai Latih Hertha Berlin 76 Hari

AB
Oleh Arif Budiwinarto
Rabu 12 Februari 2020
share
(espn)

INILAHCOM, Berlin - Jurgen Klinsmann membuat pengumuman mengejutkan, dia menyatakan mundur dari jabatan pelatih Hertha Berlin setelah 76 hari bertugas. Apa alasannya?

Klinsmann diperkenalkan sebagai pelatih baru Hertha Berlin pada 27 November 2019, dia menggantikan Ante Covic yang dipecat manajemen klub.

Belum genap tiga bulan menjabat posisi tersebut, Klinsmann memutuskan mundur. Ia menyampaikan pengunduran dirinya lewat tulisan panjang di akun media sosial Facebook.

Dalam tulisannya, Klinsmann kecewa tak mendapat dukungan penuh dan kepercayaan. Terlebih dia dibebani ekspektasi mengangkat performa Hertha yang tengah terpuruk serta diminta menangani berbagai keperluan diluar tim.

"Saya mengambil alih misi bunuh diri. Hanya satu pertandingan, kami tidak mendapat apa yang diharapkan. Staf kepelatihan dipekerjakan untuk menstabilkan tim dan menjauhkan dari degradasi," demikian tulisan Klinsmann.

"Pemahaman saya, seorang pelatih harusnya memiliki tanggung jawab aspek keolahragaan dan juga transfer, seperti model di Liga Inggris."

"Dalam beberapa pekan terakhir kami menghabiskan terlalu banyak energi mengurusi keperluan internal klub. Jika saya memiliki tanggung jawab sebagai seorang pelatih, saya ingin mencurahkan semua energi untuk bekerja dengan skuad."

"Sebagai pelatih kepala, saya butuh kepercayaan dari semuanya. Jika mereka tidak menjamin itu, saya tidak bisa mewujudkan potensi sebagai pelatih," lanjut isi tulisan.

Selama 76 hari menduduki posisi pelatih Hertha Berlin, Klinsmann sudah melewati 10 pertandingan di semua ajang dengan catatan tiga kali menang, tiga kali imbang sisanya empat kali kalah.

Posisi Hertha saat ini masih berkutat di urutan 14 klasemen sementara Bundesliga Jerman dengan mengemas 23 poin dari 21 pertandingan. Mereka cuma berjarak enam poin dari Fortuna Dusseldorf yang berada di zona merah.

Dengan menyisakan 13 pertandingan sampai akhir musim, Klinsmaan berharap Hertha mampu bertahan di Bundesliga.

"Kami berada di jalur yang bagus, meski pertandingan sulit dan hanya berselisih enam poin dari zona degradasi. Saya yakin, tim bisa tetap bertahan," tulis Klinsmann.

Sumber: ESPN

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA